Perbedaan MacBook Air dan Pro

Bagi anda yang tertarik untuk membeli Laptop MacBook buatan Apple ini. Pasti anda bingung dengan pilihan seperti adanya MacBook Air dan MacBook Pro. MacBook jenis apa sih yang cocok dengan yang anda butuhkan? Apakah perbedaan antara Macbook Air dan Pro? Berikut ini ulasannya.

Perbedaan Spesifikasi

MacBook Air 
MacBook jenis ini berbobot 1,25 Kg. Dengan berbobot segitu, Macbook ini cukup ringan untuk dibawa dalam perjalanan ataupun ketika traveling. Kekurangannya Macbook air tak memiliki port yang banyak. Disana hanya ada dua port USB-C. Sehingga jika ingin memakai ethernet, HDMI, dan port lainnya anda harus mengeluarkan biaya lagi.

MacBook Pro
MacBook Pro berbobot 1,37 Kg untuk versi 13 inch dan 1,83 Kg untuk versi 15 inci. Dimana hal ini sedikit lebih besar dibandingkan MacBook Air. Sama seperti MacBook Air, MacBook Pro juga hanya memiliki dua porf USB-C akan tetapi ada juga yang sudah empat. Tiap port sudah mendukung thunderbolt 3 sehingga bisa anda gunakan untuk kepentingan lainnya.

Perbedaan Dari Segi Penampilan

Dari segi penampilan jika sekilas memang tidak tampak jelas perbedaannya. Akan tetapi apabila dilihat dengan seksama akan terlihat perbedaannya. Diantaranya yakni pertama dari segi ketebalan. Dimana pada MacBook Air terlihat lebih tipis dibandingkan MacBook Pro. Selain itu pada MacBook Air ujungnya lebih runcing. Sehingga MacBook Air ini mudah dibawa kemana kemana apalagi dengan bobotnya yang lebih ringan dibanding MacBook Pro.

Perbedaan Ketahanan Baterai

Perbedaan MacBook Air dan Pro selanjutnya ialah mengenai ketahanan baterainya. Memang pada dasarnya MacBook ini dikenal dengan ketahanan baterai yang melebihi baterai laptop merek lainnya. MacBook Air bisa anda gunakan mengakses internet selama 12 hingga 13 jam untuk memutar video. Sedangkan MacBook Pro bisa digunakan selama 10 jam untuk internet dan memutar video.

Perbedaan Dari Sisi Performa

Dari segi performa cukup jauh berbeda antara MacBook Air dengan MacBook Pro. Dimana MacBook Air memiliki Intel Core i5 dual-core 1,6 GHz dan Turbo Boost hingga 3,6 GHz. Pada MacBook Pro memiliki Intel Core i5 quad-core 1,4 GHz dan turbo Boost hingga 3,9 GHz. Sehingga hal ini menyebabkan MacBook Pro lebih smooth dalam bekerja walaupun membuka aplikasi yang berat seperti editing video, desain grafis, dan aplikasi lainnya.

Setelah anda mengetahui perbedaan MacBook Air dan Pro. Anda bisa cari mana yang memberikan anda kelebihan yang sesuai dengan yang diinginkan. Jangan lupa yang paling terpenting adalah sesuai dengan budget yang anda miliki. Semoga setelah membaca ini anda dengan yakin dapat memilih dan membeli MacBook jenis apa.

Leave a Reply