Laptop Gaming 5 Jutaan

Karena kebutuhan dan penggunanya, laptop gaming sangat identik dengan laptop dengan spesifikasi atau spek tinggi. Oleh karena itu, tak heran juga kalau laptop gaming umumnya punya harga yang cukup mahal. Bahkan, tak jarang harganya bisa sampai puluhan juta.

Meski begitu, apakah artinya mustahil untuk menemukan laptop gaming dengan harga yang lebih terjangkau? Misalnya laptop gaming 5 jutaan, yang cocok buat kamu dengan budget terbatas.

Ternyata, menemukan laptop gaming 5 jutaan bukan hal yang mustahil, kok! Bahkan kamu juga masih bisa mendapat laptop dengan SSD yang kapasitasnya cukup lega, prosesor tangguh, serta RAM jumbo.

Kalau begitu, apa saja ya rekomendasi laptop gaming dengan range harga Rp 5 jutaan yang layak untuk kalian lirik? Simak daftarnya berikut ini!

Lenovo V14-ADA-9DID

Laptop Gaming 5 Jutaan - Lenovo V14-ADA-9DID

Salah satu laptop harga Rp 5 jutaan yang pas untuk kalian dengan budget mepet adalah Lenovo V14-ADA-9DID. Dibekali dengan prosesor AMD Athlon Gold dua core dan AMD Radeon RX Vega 3 iGPU sebagai kartu grafis, laptop ini bukan pilihan buruk sebagai laptop gaming.

Di samping itu, laptop ini juga memiliki RAM berkapasitas 4GB DDR4 2400 MHz. Masih terlalu kecil? Tenang saja, karena kalian masih bisa meng-upgrade RAM-nya menjadi 12GB, kok. Kemudian, masih ada juga SSD 256GB disematkan di dalamnya.

HP 14S-DK1003AU

HP 14S-DK1003AU

Laptop yang rilis pada tahun 2020 ini masuk ke dalam segmen entry level. Jadi, tak heran kalau harganya sangat terjangkau, karena hanya berkisar Rp 5 jutaan. Meski begitu, seri laptop yang satu ini sudah dilengkapi dengan prosesor AMD Athlon Gold 3150U. Dari segi performa, prosesor ini tak kalah jauh dari Ryzen 3 3200U, kok.

Untuk menunjang performa laptop ini, HP membekalinya dengan RAM 4GB yang masih bisa kalian upgrade, kok. Sedangkan penyimpanannya memiliki HDD 1TB. Dan untuk keperluan grafis termasuk nge-game, ada AMD Radeon RX vega 3 iGPU yang sudah cukup mumpuni untuk main game ringan.

Lenovo IdeaPad S145-14IKB

Laptop Gaming 5 Jutaan - Lenovo IdeaPad S145-14IKB

Produk laptop yang satu ini sangat digemari masyarakat karena harganya yang sangat terjangkau, lho! Meski harganya ramah di kantong, Lenovo IdeaPad S145 sudah cukup oke dari segi spesifikasinya.

Dengan range harga Rp 5 jutaan saja, laptop ini sudah memiliki prosesor Intel Core i3 dan RAM 4GB DDR4. Kemudian, kapasitas penyimpanannya disediakan oleh HDD 1TB. Bagaimana, spesifikasinya sudah cukup oke, kan?

Kemudian, graphic card laptop ini menggunakan Graphics Card Intel UHD Graphic yang sudah cukup oke. Apalagi kalau kalian upgrade RAM-nya, sehingga laptop ini bisa kalian gunakan untuk main game esport ringan atau kasual. Contohnya Valorant atau Dota 2.

Asus M409DA – EK301T

Laptop Gaming 5 Jutaan - Asus M409DA – EK301T

Sekilas, laptop ini punya bentuk dan desain yang mirip dengan sepupunya si A409UA. Meski begitu, Asus M409DA ini memiliki prosesor AMD Ryzen 3 3200U generasi Picasso pada dapur pacunya. Di samping itu, laptop ini juga menggunakan arsitektur Zen+.

Meskipun harganya hanya kisaran Rp 5 jutaan, laptop dari Asus yang satu ini punya desain yang sangat berkelas. Layarnya sudah punya resolusi full HD, ditambah bezel NanoEdge super tipis yang kekinian.

Untuk segi performa, prosesor Asus M409DA dipadukan dengan RAM 4GB DDR4 yang tentunya masih bisa kamu upgrade sampai dengan 16GB, lho! Laptop gaming 5 jutaan ini juga punya gartu grafis AMD Radeon RX Vega 3 iGPU yang sudah cukup andal untuk game ringan.

Lenovo V330 14ARR

Lenovo V330 14ARR

Pilihan laptop gaming harga miring lainnya dari Lenovo adalah Lenovo V330 14ARR, yang sama-sama masuk ke segmen entry level. Dibandingkan dengan IdeaPad S145 di atas, V330 ini memang terlihat sedikit jadul. Tapi, laptop ini tetap cocok untuk kamu pertimbangkan kalau kamu tidak mempermasalahkannya.

Dari segi spesifikasinya, Lenovo V330 ini sedikit mirip dengan IdeaPad S145. Hanya saja, prosesor AMD Ryzen 3-nya adalah versi yang lebih lama, yaitu 2200U. Selain itu, laptop ini juga punya GPU Radeon Vega 3, HDD berkapasitas 1TB, serta RAM 4GB DDR4.

Acer Aspire 3 A315-41

Acer Aspire 3 A315-41

Untuk ukuran laptop gaming 5 jutaan, laptop segmen entry level dari Acer ini sudah cukup oke, kok. Selain itu, spesifikasinya sudah cukup lumayan kalau kalian ingin mengedit foto, video, maupun gambar 3D.

Hanya saja, spesifikasinya bisa dibilang lebih jadul dibandingkan spesifikasi laptop-laptop lain dalam daftar ini. Tapi kalau kalian memang kepepet karena budget yang terbatas dan tidak ambisius mengincar laptop mahal-mahal, Acer Aspire 3 A315-41 ini bisa kalian pertimbangkan.

Performa laptop ini ditunjang oleh prosesur CPU 2 Core 4 Threads dengan kecepatan hingga 3.4GHz, plus dukungan AMD Radeon Vega 3 untuk kartu grafisnya. Untuk RAM-nya, laptop ini punya RAM 4GB yang masih bisa kamu upgrade sampai 16GB. Layar 15 incinya sudah HD, jadi kalian bisa main game dengan cukup nyaman.

HP 14S-CF1051TU

HP 14S-CF1051TU

Masih “bersaudara” dengan seri HP 14S di atas, model yang satu ini punya spesifikasi yang berbeda, dan bahkan lebih unggul. Soalnya, dengan harga Rp 5 jutaan saja, laptop ini sudah punya prosesor Intel Celeron 4205U dan RAM 12GB DDR4, lho!

Sedangkan dari segi penyimpanannya, laptop ini menawarkan pilihan antara HDD 1TB atau SSD 512GB. Jadi, kalian tinggal pilih yang spesifikasinya kira-kira paling pas buat kalian.

Prosesor yang digunakan punya performa yang tak kalah dari AMD Ryzen A9-9125. Sedangkan aspek grafisnya ditunjang oleh Intel UHD Graphics 610. Bagaimana, lumayan banget kan?

Asus X441UA-GA312T

Asus X441UA-GA312T

Kalau kamu tidak keberatan dengan laptop yang harganya Rp 5 jutaan mepet ke angka Rp 6 juta, pilihan dari Asus yang satu ini bisa kamu pertimbangkan. Laptop berlayar 14 inci ini punya prosesor Intel Core i3-7020U pada dapur pacunya. Chipset tersebut dipadukan dengan VGA Nvidia GeForce 920MX, plus VRAM 2GB.

Ditambah dengan RAM 4GN DDR4 dan HDD 1TB, laptop ini bisa kamu ajak bermain game dengan baik. Kalau kamu juga perlu multitasking, laptop ini juga masih andal untuk kamu gunakan, kok. Termasuk untuk kamu yang ingin menggarap desain grafis.

Dell Inspiron 3481

Dell Inspiron 3481

Dibandingkan mayoritas produk pada daftar laptop gaming 5 jutaan ini, Dell Inspiron 3481 bisa dikatakan pilihan terbaik yang layak untuk kamu lirik. Sebagai laptop entry-level, spesifikasinya tidak terlalu mengecewakan, lho!

Dengan Intel Core i3-7020U generasi ke-7, prosesor laptop ini dipasangkan dengan AMD Radeon 520 agar mampu menjalankan aplikasi game atau desain grafis. Apalagi, laptop ini juga punya RAM 4GB DDR4 yang masih bisa kalian upgrade sampai dengan 16GB.

Fitur penyimpanannya sendiri masih menggunakan HDD 1TB. Tapi, dari keseluruhan spesifikasinya, laptop ini sangat menarik untuk kamu pertimbangkan, kan?

Baca Juga: Laptop 1 Jutaan

Itulah daftar rekomendasi 9 laptop gaming 5 jutaan untuk kalian yang punya budget mepet. Dari daftar di atas, mana yang paling menarik minat kalian?

Leave a Reply