Tips Untuk Youtuber Pemula Agar Bisa Bersaing dan Sukses

Tips Youtuber Pemula – Menjadi seorang youtuber menjadi bidang pekerjaan yang sangat keren di era digital ini. Potensi penghasilan yang sangat besar bisa didapatkan jika channel youtube sudah terkenal, punya banyak fans dan sudah dimonetisasi tentunya.

Baca juga: Syarat Monetisasi Channel YouTube 2019

Hanya saja menjadi youtuber sukses bukan hal yang mudah. Terlebih bagi seorang pemula karena selain harus memiliki konten yang bermutu, seorang pemula juga harus memperhatikan bagaimana cara mereka untuk bisa bertahan di tengah gempuran persaingan.

Lantas, bagaimana tips youtuber pemula agar bisa bersaing dan sukses? Disini kami akan berikan informasi lengkap dan menariknya untuk Anda!

Tips Youtuber Pemula agar Sukses

Buatlah tujuan yang jelas

Sebelum Anda memulai untuk menjadi seorang Youtuber maka baiknya Anda mencari tahu dulu tentang tujuan membangun kanal YouTube. Dengan memiliki suatu tujuan yang jelas maka hal tersebut akan dapat membantu Anda untuk memilih jenis video yang akan Anda buat dan menentukan audiens yang tepat untuk konten Anda.

Buatlah beberapa video untuk channel YouTube Anda

Setelah Anda memiliki tujuan dan akun YouTube juga sudah jadi kemudian yang selanjutnya Anda harus lakukan adalah Anda harus membuat beberapa video yang akan Anda upload. Untuk membuat video tersebut, Anda tentu perlu kamera yang dapat membuat gambar bisa berkualitas maksimal.

Nah, Anda dapat menggunakan peralatan kamera yang dimiliki seperti halnya smartphone untuk membuat suatu konten yang kreatif di channel YouTube Anda. Ada banyak orang yang selama ini ingin menjadi seorang YouTuber dan mereka menganggap bahwa video yang bagus hanya bisa dibuat dengan menggunakan kamera yang mahal.

Akan tetapi sebenarnya tidak selalu demikian, Anda dapat membuat video YouTube yang baik dengan menggunakan smartphone selama video tersebut dapat menghibur atau memberikan manfaat maksimal kepada penonton.

Bangun subscriber channel Anda secara natural

Sistem YouTube merupakan tempat berbagi karya dan kreativitas seperti campuran antara mesin pencari dan juga sosial media. Sebagai asumsi yaitu:

  • Kolom pencarian YouTube sebagai search engine atau google.
  • Subscribers sebagai friends atau followers sosial media

Dalam hal ini, hal yang pertama kali Anda harus lakukan adalah fokus dalam upaya pengembangan audience atau subscriber karena subscriber ini yang bisa membuat Anda bisa tumbuh dan berkembang setiap harinya.

Nah, tentu yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendapatkan subscriber yang tepat dalam tempo yang cepat. Cara tepat dan paling cepat untuk mendatangkan subscriber diantaranya:

  • Buatlah video yang berkualitas
  • Buat sesuatu yang relevan dengan penonton
  • Optimasikan judul dan gambar thumbnail dengan sebaik mungkin
Baca juga: Trik Perbanyak Viewers dan Subscriber Youtube Channel

Hindari pemanfaatan teknik black hat, mulai dari lingkaran sosial Anda

Jika Anda ingin sukses sebagai seorang YouTuber, Anda harus membiarkan penonton datang secara natural. Hal ini memang lumayan akan memakan waktu lama, akan tetapi memang seperti ini caranya yang paling aman.

Hampir semua youtuber yang sudah sukses perlu setidaknya waktu 1 tahun sampai mereka mulai mendapatkan penonton atau traffic dan subscriber sedikit demi sedikit.

Dari sesuatu yang sedikit itulah nantinya konsistensi akan secara perlahan membaik dibandingkan ledakan traffic sesaat yang hilang dengan cepat begitu saja.

Lakukan kolaborasi dengan teman Anda atau dengan youtuber yang lain

Jika hal ini memungkinkan untuk Anda lakukan, maka segera lakukanlah! Anda bisa melakukan kolaborasi dengan youtuber lain. Walau mereka tidak memiliki banyak subscriber atau bahkan zero subs, tujuan utama dari suatu kolaborasi adalah mendapatkan simbiosis mutualisme dalam suatu konten.

Akan jauh lebih cepat juga jika Anda dapat melakukan kolaborasi dengan youtuber yang jauh lebih terkenal akan tetapi intinya suatu kolaborasi tujuannya adalah untuk semakin memperkaya konten atau video yang secara tidak langsung juga memberikan potensi untuk menjadikan subscriber-subscriber lain dari teman yang melakukan kolaborasi untuk subscribe atas channel Anda.

Balas komentar di video dan berikan komentar di video youtuber yang lain

Aspek ini memang sangat simple, youtuber-youtuber yang sudah sukses dengan channel youtube awalnya melakukan hal ini juga. Mereka membalas setiap komen yang terdapat di video dan mereka juga meninggalkan jejak di kolom komentar channel youtube orang lain.

Hal tersebut wajar dilakukan, meninggalkan komentar boleh saja namun jangan sampai berakhir dengan spamming karena hal tersebut akan merugikan Anda sendiri. Dengan melakukan komentar di berbagai channel YouTube orang lain, Anda juga secara tidak langsung bisa membangun interaksi yang positif bersama penonton dan juga youtuber yang lain.

Itulah sedikit ulasan tentang tips untuk Youtuber pemula agar bisa bersaing dengan sukses. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dalam membangun channel YouTube Anda.

Leave a Reply