Fitur Monetisasi Youtube yang Wajib Dipahami Youtuber Pemula

Fitur Monetisasi Youtube

Selain website atau blog, youtube menjadi suatu tren mendapatkan penghasilan dari internet di era digital sekarang ini. Dengan adanya youtube, siapapun bisa berkreasi, siapa saja bisa terkenal dan siapa saja bisa jadi artis untuk channelnya sendiri.

Karena itu, youtube menjadi salah satu platform yang banyak digunakan saat ini. Untuk mendapatkan penghasilan dengan mengandalkan platform youtube, sangat dianjurkan untuk Anda melakukan monetisasi channel youtube Anda.

Agar suatu channel youtube bisa semakin cepat dimonetisasi, tentu saja konten yang dibuat harus menarik. Kaitannya agar konten yang dibuat menarik adalah dengan mengandalkan beberapa fitur monetisasi youtube berikut ini.

YouTube saat ini memiliki sebanyak tiga fitur yang disediakan, tiga fitur terbaru tersebut diantaranya yaitu stiker, level, dan learning playlist. Ketiganya merupakan fitur yang sudah diluncurkan oleh YouTube di tahun lalu dan berfungsi sebagai pelengkap.

Sebelumnya, beberapa fitur yang tahun lalu diluncurkan oleh YouTube diantaranya yaitu keanggotaan saluran (membership), rak barang dagangan (merchandise selves) dan juga pemutaran perdana atau premiers. Mengenai fitur yang dinamakan sebagai super stiker merupakan sebuah fitur yang digunakan dalam melengkapi fitur monetisasi yang telah ada sebelumnya yaitu fitur super chat.

Fitur yang satu ini merupakan suatu fitur yang akan meluncur dalam beberapa bulan yang akan datang dimana nantinya pengguna YouTube akan bisa membeli stiker animasi selama siaran langsung video dan juga selama pemutaran perdana untuk menunjukkan kepada pembuatnya betapa mereka suka dengan konten yang sudah dibuat oleh pemilik channel.

Adanya fitur super stiker ini sebenarnya merupakan suatu stiker yang telah terinspirasi dari emotes dan cheermotes situs Twitch yang juga membawa stiker animasi ke dalam suatu obrolan sebagai cara mendukung dalam hal pembuatan video.

Akan tetapi fitur stiker super YouTube akan memiliki berbagai kategori dan juga bahasa, termasuk mode, permainan dan kecantikan termasuk musik, olahraga, makanan dan yang lainnya. Fitur super chat pada YouTube sejak diluncurkan di tahun 2017 telah memungkinkan penggemar membayar untuk membuat pesan mereka menonjol selama melakukan live streaming atau pemutaran perdana dari channel YouTube.

Kemudian fitur yang kedua dari YouTube adalah level. Pihak pembuat konten dapat menetapkan sampai dengan lima poin harga yang berbeda untuk masing-masing keanggotaan dengan tunjangan mereka sendiri.

Fitur ini telah menjadi suatu fitur yang diuji oleh YouTuber terpilih termasuk Fine Brothers Entertainment di saluran REACT mereka. Menurut YouTube, pendapatan dari keanggotaan saluran mereka akan mengalami peningkatan sampai enam kali lipat setelah mereka meluncurkan dua tingkatan harga yang lebih mahal.

Senada dengan Twitch, sebelumnya YouTube telah memperkenalkan channel membership yang merupakan suatu langkah perluasan dari fitur sponsorship yang sebelumnya sudah hadir lebih dulu. Untuk bisa mendapatkan semua akses atas suatu fitur khusus terkait dengan saluran favorit, pengguna channel YouTube dapat membayar biaya langganan.

Kemudian YouTube juga berusaha memperluas rak merchant melalui fitur merchandise shelves. Mitra debutnya Teespring akan membantu para pembuat konten dalam menjual barang dagangan seperti halnya topi, kaos, sarung telepon dan lain-lain.

Diklaim oleh YouTube bahwa terdapat ribuan saluran yang memiliki lebih dari dua kali lipat pendapatan sejak terdapatnya fitur merchandise shelves, super chat dan channel membership. YouTube selain memberikan fitur monetisasi juga memperhatikan penggunaan layanan yang mendidik dan inspirasional di situs yang dimilikinya.

Perusahaan pun pada akhirnya meluncurkan fitur baru ketiga yang diberi nama learning playlist yang akan sangat memungkinkan bagi para pembuat video pendidikan untuk membagi video menjadi beberapa bagian di sekitar konsep utama. Mulai dari hal yang paling mendasar sampai ke yang lebih maju semuanya ada.

Rencananya, YouTube juga meluncurkan fitur YouTube giving. Pada awalnya fitur ini hanya berupa segelintir mitra terpercaya yang menguji termasuk Khan Academy, TED-Ed, The Coding Train, dan juga Crash Course. Alat penggalangan dana situs pada akhirnya menjadikan YouTube Giving bersiap keluar di versi beta version atau versi uji coba setelah selama satu tahun pengujian dilakukan.

Fitur ini kabarnya akan segera diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan dan juga tersedia ribuan pembuat konten di Amerika Serikat. Setelah ditayangkan semua fitur terbaru dari YouTube, para penggemar atau pemilik channel dapat melakukan klik atas tombol donasi untuk memberikan kepada organisasi nirlaba apa yang akan didapatkan pada akhirnya.

Itulah berbagai fitur monetisasi YouTube yang wajib dipahami oleh YouTuber pemula. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menarik dan bisa menambah wawasan. Anda para pemula juga harus memahami bahwa dibalik kebijakan terbaru YouTube terdapat berbagai macam hal dan fitur terbaru.

Leave a Reply