Syarat Monetisasi Channel Youtube 2019

Jika bicara tentang monetisasi, maka kita bicara juga tentang langkah apa yang dilakukan untuk mengoptimasi. Karena tentu saja seperti apa yang selama ini kita tahu bahwa tanpa langkah optimasi yang baik maka channel youtube tidak akan tumbuh dan berkembang sehingga sulit dimonetisasi.

Dalam hal monetisasi sendiri, Youtube memiliki syarat dan kriteria. Tidak semua channel youtube yang ada bisa dimonetisasi. Sementara kabarnya, syarat-syarat monetisasi channel Youtube setiap tahun mengalami perubahan seiring dengan perubahan algoritma itu sendiri.

Bagi youtuber pemula, tentu saja informasi ini wajib dibaca. Berikut syarat monetisasi channel youtube 2019 yang harus dipahami khususnya bagi youtuber pemula.

YouTube Monetize

Sudah Mencapai 4000 Jam Tonton

Syarat monetisasi channel Youtube 2019 yang pertama adalah sudah mencapai jumlah minimal jam tonton. Syarat ini memang berat utamanya bagi youtuber yang baru memulai menjadi content creator.

Mencapai 4000 jam tonton dalam kurun waktu 12 bulan terakhir bukan hal yang mudah. Namun bukan berarti hal tersebut adalah aspek yang sulit dilakukan. Agar bisa mencapai sebanyak 4000 jam tonton, kita bisa memaksimalkan Channel Youtube dengan melakukan upload video secara rutin. Pastikan bahwa judulnya menarik, memiliki deskripsi singkat dan Anda harus menggunakan tag yang sesuai dengan video yang Anda upload.

Bagi seorang youtuber pemula biasanya menggunakan iklan untuk mendongkrak view dan subscriber dapat dilakukan. Ada berbagai cara untuk melakukannya salah satunya adalah dengan youtube ads atau facebook ads.

Memiliki Minimal Sebanyak 1000 Subscriber

Hal ini memang terasa sulit dan berat. Namun, jangan pernah Anda mundur ketika sudah memiliki keinginan memulai. Anda harus tetap fokus dengan konten yang Anda buat. Sama halnya dengan cara mendapatkan jam tayang, untuk mendapatkan sebanyak 1000 subscriber Anda juga bisa beriklan melalui google ads dan facebook ads.

Kemudian Anda juga harus share video ke media sosial dan bergabung dengan berbagai group facebook yang membahas berbagai hal tentang youtube.

Akun Telah Terverifikasi

Suatu channel Youtube juga harus telah terverifikasi dengan nomor handphone. Channel yang sudah terverifikasi tentu didalamnya memiliki berbagai fitur yang secara otomatis bisa difungsikan.

Fitur yang secara otomatis difungsikan tersebut diantaranya adalah upload video dengan durasi yang cukup panjang, card dan endcard. Syarat ini sangat mudah, caranya dengan Anda melakukan verifikasi melalui nomor handphone saja dan channel Anda sudah terverifikasi.

Hindari Melakukan Komentar-Komentar Spam

Hal ini harus Anda pahami, jangan sekalipun Anda berkomentar pada video orang lain dengan teknik spamming. Hal ini bisa mengakibatkan channel kita disuspened, jadi Anda harus terus membuat konten yang kreatif.

Upload secara berkala dari harian, mingguan atau bulanan termasuk jam upload video juga harus Anda benar-benar perhatikan. Sebagai informasi bagi para creator YouTube, pada laman creator YouTube, creator bisa bergabung bersama dengan beberapa program.

Salah satu programnya yaitu Program Partner YouTube (YPP) dimana creator Youtube akan mendapatkan suatu akses lebih ke resource dan fitur YouTube. Akses ke tim dukungan creator Youtube, akses ke copyright match tool dan akses ke fitur monetisasi dengan adsense youtube akan Anda dapatkan.

Itulah syarat monetisasi channel YouTube 2019 yang harus Anda tahu dan pahami. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply