Tips Agar Bisa Sukses Walau Hanya Lulusan SMA

Dari tahun ke tahun mencari pekerjaan bisa dianggap hal yang sulit. Setiap tahun ada ratusan ribu orang yang lulus dari sekolah baik itu SMA atau MA atau juga SMK dan ada pula yang baru lulus dari tingkat pendidikan S1, S2 dan S3. Banyaknya jumlah fresh graduate tidak sebanding dengan banyaknya lowongan pekerjaan, karena hal tersebut persaingan menjadi ketat.

Seorang yang hanya lulus SMA dan tidak melanjutkan ke jenjang perkuliahan apakah bisa sukses dan bersaing dengan para sarjana S1 tersebut? Jawabannya tentu saja sangat bisa. Walau hanya lulus SMA kamu tidak boleh pesimis dan harus yakin bakal sukses. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips agar bisa sukses walau hanya lulusan SMA saja.

Gunakan Ijazah untuk Melamar Kerja

Gunakan Ijazah untuk Melamar Kerja

Cara pertama yang paling umum dilakukan seorang setelah lulus sma adalah dengan melamar kerja. Gunakan ijazah yang kamu miliki untuk mendapatkan pekerjaa yang kamu inginkan. Meskipun kamu harus bersaing dengan lulusan sekolah SMK yang sudah di ajari skill dasar bekerja, namun banyak juga perusahaan yang membutuhkan lulusan SMA. Karena pada intinya sama saja mau kamu lulusan SMA atau SMK ketika bekerja yang tidak mesti sesuai dengan jurusan ketika sekolah dulu.

Cara paling mudah dan umum untuk dapat sukses setelah lulus adalah dengan bekerja. Dengan kamu bekerja maka kamu akan mendapatkan penghasilan yang tetap di setiap bulan nya. Kamu akan hidup bergantung dari gaji dari bulan ke bulan. Kalau bisa, sedikit kamu sisihkan uang gaji mu untuk di tabung agar kamu mempunyai dana cadangan yang bisa saja sewaktu-waktu kamu butuhkan.

Menjadi Seorang Freelancer

Menjadi Seorang Freelancer

Jika kamu tidak ingin bekerja terikat tempat atau instansi dan waktu, maka setelah lulus kamu bisa menjadi seorang freelancer. Jenis pekerjaan freelance ini ada banyak sekali mulai dari menulis, desain grafis dan lain sebagainya. Semisal kamu pandai dan mahir dalam mengolah gambar di software coreldraw, photoshop, adobe illustration dan lain sebagainya maka kamu bisa mencoba menjadi seorang freelance desain grafis.

Desain-desain grafis tersebut kamu bisa jual di berbagai macam situs dan platform yang memungkinkan kamu mendapatkan uang dari penjualan desain tersebut. Beberapa situs freelance desain grafis yang terbukti membayar adalah Shutterstock, Freepik, Fiver dan masih ada banyak lagi.

Atau jika kamu pandai merangkai kata dan menulis cerita, kamu bisa salurkan bakatmu agar menjadi nominal rupiah dengan mengirimkan tulisan mu pada media-media online yang ternama semisal Mojok, Idntimes dan lain sebagainya.

Bisnis atau Usaha Kecil-Kecilan

Bisnis atau Usaha Kecil-Kecilan

Kamu bisa juga menjadi seorang pengusaha taraf kecil-kecilan. Jika kamu tidak memiliki modal yang banyak untuk membuka bisnis ya kamu mulai dengan modal kecil saja. Semisal kamu ingin berbisnis di bidang jual produk-produk kecantikan, kamu bisa membeli beberapa produk saja dengan sistem reseller sehingga kamu bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga yang murah. Atau jika kamu sama sekali tidak punya modal untuk membeli produk yang ingin kamu jadikan sebagai bisnis, kamu bisa melakukan penjualan dengan sistem dropship.

Sistem dropship ini tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan hanya membutuhkan laptop/smartphone serta koneksi internet. Mudahnya begini, kamu meminta izin untuk memposting foto produk dari supplier dan kamu post foto produk tersebut di sosial media milik mu. Jika nanti ada yang berminat membeli produk yang kamu posting maka kamu segera menghubungi supplier untuk urusan packing dan pengiriman barang. Nah itu sedikit gambaran tentang sistem dropship.

Baca juga: Bisnis Dropshipping di Era Digital Semakin Mudah

Manfaatkan Aset

Manfaatkan Aset

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan aset-aset yang kamu miliki. Semisal kamu memiliki kendaraan motor atau mobil, maka kamu bisa membuka jasa rentalan. Atau bisa juga kamu gunakan kendaraan tersebut untuk mencari nafkah dengan menjadi driver ojek online. Ada banyak start up di bidang transportasi yang bisa kamu pilih sebagai platform untuk bernaung dan menjadi driver online.

Atau semisal kamu memiliki aset lain seperti kamera DSLR dan kamera jenis lain nya, maka kamu bisa sewakan kamera tersebut. Bisnis sewa kamera ini sangat menjanjikan dan sudah pasti akan banyak oramg yang menyewa kamera mu karena budaya selfi dan cekrek sana-sini makin parah dan tidak terobati. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pemasukan di setiap ada orang yang menyewa kamera mu tersebut.

Uang dari hasil penyewaan aset yang kamu miliki bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari dan juga bisa digunakan untuk menambah aset yang baru. Sebagai contoh dari sewa kamera tersebut, jika banyak orang yang menyewa kamera milik mu tentu saja akan semakin banyak orang yang tahu. Dan permintaan sewa kamera kian tinggi maka kamu harus menggunakan uang hasil sewa kamera tersebut untuk menambah aset dengan membeli kamera yang baru.

Leave a Reply