Tips Mendaki Gunung Agar Badan tetap Fit

Untuk Anda para penggiat alam bebas yang senang mendaki gunung menikmati sensasi menyatu dengan alam, ada beberapa tips kesehatan yang harus Anda ketahui entah Anda pendaki pemula atau yang sudah terbiasa, penting bagi Anda untuk menambah informasi mengenai tips mendaki gunung yang bisa membuat proses pendakian Anda menjadi lebih nyaman.

Mencapai puncak gunung bisa menjadi pengalaman yang memuaskan. Seiring dengan sensasi pendakian itu sendiri, puncak gunung sering menawarkan pemandangan luas yang memanjakan mata dan lingkungan soliter yang unik.

Siapkan Perlengkapan yang Tepat

Untuk tetap aman dan nyaman saat mendaki gunung, pakailah perlengkapan yang tepat. Misalnya membawa alas kaki dan pakaian yang mendukung untuk segala jenis cuaca. Kenakan pakaian yang memungkinkan Anda untuk bergerak dengan leluasa. Pilih sepatu yang pas, yang bisa memberikan kestabilan pada kaki Anda. Jika Anda hiking di daerah dengan banyak batuan, maka gunakan tongkat gunung (trekking pole) untuk membantu Anda berjalan.

Anda juga harus membawa sesuatu yang bisa mencegah sinar matahari menyilaukan mata Anda, dengan topi contohnya atau kacamata hitam. Selain itu jangan lupa menggunakan sunblock untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV.

Bawa semua perlengkapan ekstra dan makanan Anda ke dalam ransel dengan setidaknya dua tali. Pastikan ransel Anda pas dan memiliki tali pengikat dan sabuk pinggang.

Mencegah Penyakit Akibat Ketinggian

Anda dapat membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan ketinggian dengan memberi waktu tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian gunung. Suplai oksigen portable juga dapat menurunkan risiko Anda.

Selain kesulitan mendaki gunung, ketinggian itu sendiri dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Penyakit gunung akut  adalah kelainan yang paling sering dikaitkan dengan ketinggian atau biasa disebut “penyakit ketinggian” (mountain sickness), gejala utamanya adalah sakit kepala hebat, dan gejala lainnya yaitu:

  • Mual
  • Kelelahan
  • Pusing
  • Mengantuk
  • Insomnia

Ada beberapa langkah yang harus Anda patut ketahui untuk mengurangi resiko penyakit ketinggian.

  1. Mulailah mendaki dengan langkah jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Beri ruang pada paru-paru Anda untuk mengambil oksigen karena seringkali penyakit ketinggian disebabkan oleh kekurangan oksigen. Anda bisa juga membawa oksigen portable jika diperlukan.
  2. Bawalah obat yang bisa membantu merangsang pernafasan Anda, makanlah ketika Anda hendak tidur.
  3. Jika Anda mengidap Anemia, mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengambil suplemen zat besi sebelum dan selama perjalanan ke tempat yang tinggi. Oksigen diangkut ke seluruh tubuh Anda dalam sel darah merah. Jika Anda menderita anemia, Anda memiliki lebih sedikit darah merah untuk membawa oksigen. Akibatnya, Anda lebih mungkin mengalami penyakit ketinggian daripada beberapa dengan jumlah sel darah merah normal.
  4. Jika ada indikasi penyakit ketinggian, segeralah untuk turun 3000 kaki atau lebih.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Tips lainnya yang penting adalah untuk selalu peka dimanapun Anda berada, khususnya dalam proses pendakian dimana akan banyak kejadian tak terduga yang bisa muncul. Disarankan bagi Anda untuk tidak berjalan terlalu dekat dengan tebing, jurang, jangan merusak pepohonan atau mengganggu ekosistem lingkungan sekitar seperti membuang sampah sembarangan. Jika Anda memperlakukan alam dengan sopan, maka alam juga akan ikut menjaga Anda.

Leave a Reply