Wisata Cagar Budaya Candi Borobudur

 

Candi Borobudur adalah sebuah situs budaya Indonesia yang pernah masuk kedalam kategori keajaiban dunia. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah tepatnya di sebelah Yogyakarta. Candi Borobudur digunakan sebagai tempat beribadah agama Buddha. Wisata Candi Borobudur sudah banyak dikenal bahkan di mancanegara.

Biasanya setiap orang pergi ke Yogyakarta, pasti dia akan pergi juga untuk Wisata Candi Borobudur, karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Yogyakarta. Dan Wisata Candi Borobudur adalah tempat wisata terbanyak dikunjungi para turis baik mancanegara maupun lokal untuk melihat keajaiban ini.

Sejarah Awal Borobudur

Nama Borobudur tidak jelas berasal dari mana, ada yang beranggapan bahwa berasal dari kata Sambharabhudhara yang berarti gunung. Maka dari itu jika anda melakukan Wisata Candi Borobudur anda akan melihat bahwa Borobudur terlihat seperti gunung. Dan anda harus menaiki banyak anak tangga seperti anda akan naik ke gunung yang tinggi.

Ada perdebatan mengenai dulunya Candi Borobudur yang kini menjadi Wisata Candi Borobudur ini terdapat danau purba, bahwa Candi Borobudur dibangun diatas danau purba. Namun karena keaktivan gunung Merapi yang ada di Jawa Tengah memberi dampak kepada perubahan tata alam yang ada di area Candi Borobudur ini.

Adanya Candi Borobudur diyakini dibangun pada tahun 750 M yang dibuat pada masa kerajaan Syailendra saat itu adalah penganut agama Buddha. Dan Borobudur terdapat relief yang menceritakan tentang kisah Mahabarata. Betapa kayanya Indonesia mempunyai Wisata Candi Borobudur yang merupakan cagar budaya ini.

Aktivitas Yang Ditawarkan

Berikut ini adalah aktivitas yang ditawarkan yang ada di Wisata Candi Borobudur antara lain sebagai berikut.

Taman

Di Borobudur terdapat hamparan taman rumput yang luas, yang bisa anda nikmati untuk bersantai, ataupun untuk berfoto-foto. Dan juga bercengkrama dengan keluarga anda. Taman ini terdapat pohon-pohon teduh disekitarnya, dan juga kini diberi bunga-bunga untuk mempercantik taman ini.

Candi

Tentunya di Wisata Candi Borobudur anda harus melihat betapa unik dan indahnya candi Borobudur. Anda bisa melihat relief-reliefnya, dan juga berfoto dengan candinya. Namun ingat anda tidak boleh mendudukinya karena bisa merusaknya.  Disana juga ada fotografer yang menawarkan kepada anda untuk mengambil foto dan dapat dicetak langsung ditempat dengan harga sesuai kantong.

Sunset

Jangan salah, tidak hanya di pantai atau gunung saja anda bisa melihat sunset, namun di Candi Borobudur terkenal dengan keindahan pemandangan sunset nya. Pada jam 5 semua pengunjung diwajibkan untuk turun dari candi, kecuali orang-orang yang akan melihat sunset. Namun  untuk menikmati sunset ini anda harus membeli tiket nya dengan harga 250 ribu.

Dengan harga sejumlah itu anda bisa menikmati betapa indahnya sunset dilihat dari atas candi bagaikan anda melihatnya dari atas gunung tanpa perlu bersusah susah berlelah-lelah untuk naik ke gunung, ke atas situs berharga ini saja anda bisa menikmatinya dengan sangat indah, apalagi bersama pasangan anda sangat romantis.

Biaya Yang Dibutuhkan

Untuk menikmati ini tidaklah mahal hanya sekitar 650 ribu saja dari Yogyakarta, sudah difasilitasi mobil dan sopir pribadi, namun belum termasuk tiket masuk wisata dan biaya makan sopir.

Leave a Reply