Peluang Usaha Bisnis Cuci Motor

Saat ini, terdapat banyak sekali peluang usaha yang bisa anda coba lakukan dan kembangkan, apalagi dengan kondisi perekonomian Indonesia yang saat ini bisa dibilang tidak terlalu stabil membuat kita harus pintar-pintar dalam melakukan usaha. Salah satu peluang saat ini yang bisa anda coba apalagi jika anda tinggal di kota yang dipenuhi penduduk adalah bisnis cuci motor.

Memang terlihat dan terdengar sederhana, namun perlu anda ketahui, bisnis ini merupakan bisnis yang berpotensi tinggi, apalagi saat ini sedang musim nya hujan sedikit banjir, sehingga bisnis cuci motor sudah pasti banyak dicari oleh warga.

Meskipun memang ada orang yang lebih memilih untuk mencuci motor sendiri, namun tidak sedikit pula orang yang lebih memilih mencuci motor di tempat pencucian motor karena mereka menganggap bahwa biaya nya tidak terlalu besar dan hasilnya pun lebih bersih.

Bisnis Cuci Motor

Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis ini, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan agar bisnis cuci motor diharapakn berjalan dengan baik.

1. Lokasi Tempat Pencucian Motor

Jika anda memang berniat ingin membuka usaha cuci motor, maka pastikan anda memilih lokasi yang strategis. Membuka usaha cuci motor harus dibuka ditempat yang ramai dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Selain keramaian, anda juga harus memperhatikan segi persaingan antara bisnis cuci motor.

Bisa dibilang, anda tidak perlu takut jika masalah persaingan karena rata – rata, setiap orang menggunakan motor untuk berkendara kesana kemari, sehingga sudah pasti tempat bisnis cuci motor yang anda kelola akan selalu didatangi pelanggan.

2. Pelayanan Bisnis Cuci Motor

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah masalah pelayanan. Sudah disebutkan sebelumnya jika anda tidak perlu takut dengan masalah persaingan dan banyaknya bisnis pencucian motor, karena itulah, anda harus meningkatkan pelayanan dari bisnis yang anda lakukan. Sudah pasti para konsumen akan senang untuk mengunjungi tempat yang pelayanan nya baik.

Senyum salam sapa memang merupakan salah satu pelayanan dasar yang harus dimiliki bagi mereka yang menjalankan bisnis, namun bagi anda yang membuka bisnis cuci motor, maka pastikan anda memberikan pelayanan yang sangat baik bagi pelanggan. Perlihatkan hasil pencucian yang bersih, mengelap dengan sempurna dan pastikan waktu pencucian motor tidak terlalu lama, karena jika terlalu lama tentu saja bisa membuat pelanggan kesal.

Selain itu, anda harus menyediakan tempat tunggu yang nyaman dan bersih, anda juga bisa menyediakan cemilan, minuman, majalah atau TV agar pelanggan merasa tidak bosan meskipun tempat pencucian motor anda penuh.

3. Strategi Promosi

Untuk menarik perhatian masyarakat setempat agar tertarik untuk datang dan mencuci motornya di tempat anda, maka anda bisa melakukan berbagai promosi, baik itu membagikan selebaran brosur, memasang banner dan baliho, atau anda bisa memberikan diskon dan promo di hari pembukaan bisnis pencucian motor anda. Anda juga bisa memberikan bonus bagi mereka para pelanggan yang sering mengunjungi tempat pencucian motor anda.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin membuka bisnis cuci motor. Selain ketiga point diatas, jika anda memang berniat serius ingin membuka pencucian motor, maka pastikan jika anda memiliki peralatan-peralatan yang baik, baik itu penyemprotnya, pompa, hidrolik dan lain sebagainya. Selain itu pastikan juga gunakan sabun khusus motor, karena jika anda asal-asalan, bisa saja membuat motor yang dicuci malah terlihat jadi kusam.

Leave a Reply