Jenis Jenis Ayam Petelur

Sekarang ini sudah banyak orang yang mencoba mencari penghasilan dengan membuka usaha sendiri, baik usaha di dunia online maupun offline. Salah satu usaha yang cukup banyak dijalani saat ini adalah usaha ayam petelur. Hal ini karena selain bisa menghasilkan daging, ayam petelur juga pastinya bisa menghasilkan telur yang dapat dijual di pasaran ke seluruh Indonesia bahkan terkadang hingga keluar negeri.

Namun, memilih untuk usaha ayam petelur juga harus mengetahui tentang beberapa hal dan salah satunya adalah jenis ayam petelur. Ayam petelur sendiri memiliki jenis yang banyak dan berbeda-beda. Nah, untuk itu di artikel ini akan kami beritahukan kepada anda beberapa jenis yang terbaik dari ayam petelur. Mau tahu apa saja? Mari disimak di bawah ini!

Jenis dari Ayam Petelur yang Terbaik

1. Ayam Barnevelder
Ayam petelur jenis satu ini merupakan persilangan antara burung hutan Asia dan Landrace Belanda. Sifatnya cenderung tenang juga tidak handal untuk terbang. Kemudian ayam ini mampu menghasilkan sampai 200-an telur per tahunnya.

2. Ayam Rhode Island Red
Ayam jenis ini tidak hanya dipelihara untuk diambil telurnya saja melainkan juga dagingnya. Hal itu karena ayam Rhode Island Red juga termasuk ke dalam ayam pedaging. Ayam ini juga merupakan yang produktif bertelur yang dapat menghasilkan telur hingga 250-an per tahunnya.

3. Ayam Hibrida
Ayam Hibrida merupakan ayam yang mengkonsumsi sedikit makanan namun menghasilkan cukup banyak telur. Peternak ayam jenis ini paling tidak mendapatkan sekitar 280-an terlur per tahunnya.

4. Ayam Ancona
Ayam ini berasal dari negara Italia namun kini sudah tersebar ke beberapa negara. Ukuran ayam ini agak kecil dan ramping, namun mampu menghasilkan telur hingga 200-an per tahunnya.

5. Ayam Sussex
Hampir sama seperti ayam Rhode Island Red, ayam Sussex juga dipelihara karena bisa menghasilkan daging dan telur. Per tahunnya ayam petelur jenis ini bisa menghasilkan hingga 250-an butir telur.

Setelah mengetahui tentang beberapa dari jenis ayam petelur, sebaiknya anda juga mengetahui bagaimana cara mencari bibit dari ayam petelur yang baik sebelum memulai usaha. Bagaimana tips-tipsnya? Berikut ini adalah ulasannya.

Tips Memilih Bibit Ayam Petelur yang Baik

  1. Pilih ayam yang tidak cacat fisik dan sehat
  2. Pilih ayam petelur yang dihasilkan dari bibit yang unggul
  3. Cari ayam petelur yang memiliki perkembangan serta pertumbuhan normal
  4. Jika memilih anak ayam atau ayam yang berumur sehari, pilihlah yang berasal dari induk yang sehat
  5. Anak ayam memiliki nafsu makan yang bagus
  6. Bulu anak ayam tampak halus serta penuh
  7. Berat badan anak ayam untuk bibit sebaiknya antara 35-40 gram

Itulah pembahasan tentang beberapa jenis ayam petelur yang terbaik serta tips bagaimana memilih bibit dari ayam petelur agar dapat produktif di kemudian hari.

Leave a Reply