Kuliah atau Kerja? Pertimbangan Terbaik Setelah Lulus SMA

Seorang siswa SMA/Sederajat setelah lulus memiliki dua pilihan jalan hidup. Yang pertama bisa melanjutkan pendidikan dengan berkuliah di kampus atau universitas idaman. Yang kedua setelah lulus sekolah bisa langsung bekerja dan mencari penghidupan sendiri agar menjadi mandiri dan berdiri diatas kaki sendiri.

Antara kerja atau kuliah, keduanya sama-sama bagus dan sama-sama mulia. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan keinginan mu. Bagi kamu yang masih bimbang apakah setelah lulus sekolah langsung kerja dan merasakan kehidupan dunia luar yang keras, atau menambah ilmu-ilmu formal di perkuliahan agar lebih siap di masa mendatang.

Jika kamu masih bingung, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan hal tersebut sebagai bahan pertimbangan yang bisa kamu jadikan acuan. Simak penjelasan dari artikel Pertimbangan Terbaik Setelah Lulus SMA Kuliah atau Kerja yang ada dibawah ini.

Kuliah

Kuliah

Kita bicara hal-hal yang susah-susah dulu. Seorang yang ingin kuliah, terlebih di universitas negeri yang bergengsi tentu saja harus mengikuti persaingan yang begitu sengit dan kompetitif. Kamu akan bersaing dengan rekan sebaya mu dari seluruh Indonesia yang memiliki kemampuan dan kecerdasan yang bisa saja lebih tinggi dari kamu.

Ujian masuk perguruan tinggi negeri terkadang membuat banyak siswa yang frustasi apalagi jika gagal masuk universitas tersebut. Namun kamu tidak perlu resah dan gusar. Yakini saja kemampuan dirimu. Sugest dirimu sendiri bahwa kamu bisa lolos dan di terima di universitas yang kamu impikan.

Semisal kamu memilih berkuliah, tentu saja kamu akan di bebankan dengan seabrek biaya untuk berbagai macam keperluan mulai dari uang semesteran dan tugas-tugas yang mengharuskan keluar biaya. Dan jika biaya kuliahmu di tanggung orang tua, itu artinya kamu masih bergantung pada mereka dan tidak mandiri. Memang begitu resiko yang harus kamu tanggung ketika memilih untuk melanjutkan studi dengan berkuliah.

Meski begitu, dengan kamu memutuskan untuk berkuliah maka kesempatan mu untuk berkarir setelah wisuda jauh lebih besar. Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang sarjana S1 untuk mengelola perusahaan nya.

Akan tetapi nih, jumlah perusahaan atau lowongan pekerjaan tersebut tidak sebanding dengan banyaknya lulusan dan menyebabkan kamu harus lagi dan lagi bersaing dengan ratusan orang diluar sana. Tapi dengan ijazah S1 tersebut kamu bisa lebih jelas menentukan karir mu bekerja di perusahaan yang sesuai dengan bidang dan kemampuanmu.

Bekerja

Bekerja

Jika kamu memutuskan untuk kerja setelah lulus sekolah, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh. Yang pertama tentu saja kamu memiliki penghasilan sendiri di setiap bulan. Dengan kamu memiliki penghasilan sendiri maka kamu bisa berdikari dan tidak bergantung pada orang tua lagi.

Bahkan kamu bisa sedikit membantu orang tua mu dengan memberikan sebagian dari penghasilanmu. Orang tua tentu akan sangat senang dan gembira menerima uang dari jerih payah mu sendiri meskipun tak banyak jumlahnya.

Beruntunglah kamu yang bisa hidup dari jeri payah sendiri, dari hasil peras keringat mu sendiri. Penghasilan mu bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan jika masih ada lebih kamu bisa membeli barang-barang yang ingin kamu beli atau bisa juga kamu sisihkan beberapa lembar untuk kamu tabung atau investasikan untuk masa depan. Dengan bekerja kamu menjadi lebih menghargai uang karena kamu mengetahui dengan benar susahnya mencari uang.

Namun, meskipun banyak keuntungan dengan kamu langsung bekerja selepas lulus sekolah, kamu harus menanggung resiko semisal lelah dan terkadang dimarahi oleh bos mu. Itu harus kamu tanggung. Mungkin setelah beberapa bulan kamu bekerja kamu akan sering mengalami kepenatan, kelelahan, bahkan frustasi karena harus mengejar tengat pekerjaan yang harus kamu segera selesaikan.

Semudah-mudahnya suatu pekerjaan, pasti ada saja kendala dan kesulitan. Dan sesulit-sulitnya pekerjaan, kamu harus tetap mensyukuri karena di luar sana masih ada yang jauh lebih sulit jenis pekerjaan nya dari kamu.

Bekerja Sambil Kuliah

Bekerja Sambil Kuliah

Kamu bisa juga memilih kedua-duanya. Yaitu bekerja sembari berkuliah. Memang melakukan kedua hal ini secara bersamaan jelaslah tidak akan mudah. Di satu sisi kamu harus mengerjakan tugas kuliah yang menguras pikiran dan di satu sisi kamu harus mencari penghidupan dengan bekerja secara part time.

Jika kamu memilih bekerja sambil kuliah, kamu bisa mengambil kelas malam atau kelas karyawan yang sudah banyak di hadirkan pada setiap universitas yang ada di Indonesia. Siang hari sampai sore kamu bisa bekerja, dan sore sampai malam kamu bisa berkuliah. Atau bisa sebaliknya jika kamu bekerja di waktu malam.

Nah itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai pilihan apakah setelah lulus langsung bekerja atau memilih berkuliah atau juga memilih bekerja sambil kuliah. Pikirkan hal tersebut dengan matang dan pilihlah yang sesuai dengan keinginan dari hati terdalammu.

Leave a Reply