Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Perbedaan kebutuhan dan keinginan adalah sesuatu yang perlu diketahui dengan sebaik-baiknya. Hal ini dikarenakan, dalam menjalani kehidupan sehari-hari kamu pasti pernah merasa membutuhkan sesuatu. Padahal, pada kenyataannya hal tersebut bukanlah hal yang penting dan benar-benar kamu butuhkan. Itu hanyalah sebuah keinginan yang kamu salah artikan sebagai sebuah kebutuhan semu.

Salah pengertian ini, banyak dijumpai dalam keseharian. Umumnya, salah pengertian banyak ditemui dalam dunia ekonomi. Sehingga, kamu bisa membeli banyak barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Bahkan ada kemungkinan bahwa barang tersebut malah tidak bermanfaat bagi kepentingan kamu. Nah, untuk menghindari kesalahan dalam pengertian dan kebutuhan ini, alangkah baiknya bila kamu mengetahui apa pengertian dan perbedaan dari kebutuhan dan keinginan.

Lalu, sebenarnya apa sih pengertian serta perbedaan kebutuhan dan keinginan? Penasaran? Untuk mengatasi rasa penasaran serta menghindarkan kamu dari kesalah pengertian keduanya, yuk perhatikan beberapa uraian mengenai pengertian kebutuhan, pengertian keinginan dan perbedaan keduanya di bawah ini.

Kebutuhan

Secara umum, kebutuhan biasa diartikan sebagai berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masing-masing individu untuk mendukung dan membantu seluruh aktivitas serta kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Ada pula yang mengatakan bahwa kebutuhan merupakan berbagai hal dasar yang harus dipenuhi demi kelangsungan hidup. Pemenuhan kebutuhan ini pun harus dilakukan sesegera mungkin. Karena kebutuhan merupakan faktor dasar dalam kehidupan makhluk hidup, khususnya manusia.

Keinginan

Keinginan sendiri sering dipahami sebagai berbagai kebutuhan lebih, terutama dalam hal barang dan jasa yang dipenuhi hanya untuk memenuhi perasaan kurang ataupun melengkapi berbagai hal yang dirasa masih kurang dalam kehidupan sehari-hari. Keinginan ini memiliki sifat yang tidak mengikat dan dapat dilakukan kapan pun. Sehingga dapat diartikan keinginan tidak memiliki keharusan untuk segera dimiliki. Bahkan keinginan bisa dikatakan sebagai sebuah tambahan di saat kebutuhan telah terpenuhi secara keseluruhan.

Kebutuhan vs Keinginan

Kebutuhan dan keinginan ini, pada dasarnya hanya dipisahkan oleh beberapa faktor yang sangat tipis. Oleh karenanya, bukan hal aneh bila banyak orang yang sering merasa kebingungan dalam menentukan manakah yang masuk kategori keinginan dan mana yang masuk kategori kebutuhan? Sebab keduanya sma-sama merupakan tingkatan pemenuhan akan barang dan jasa di dalam dunia ekonomi. Supaya kamu tidak bingung untuk membedakan keduanya, mari simak beberapa perbedaan kebutuhan dan keinginan di dalam dunia ekonomi dan bisnis berikut ini.

  • Keinginan memberikan hal positif bagi kemajuan perusahaan. Sedangkan kebutuhan memberikan dukungan agar kemajuan tersebut bisa terwujud dengan secepat mungkin.
  • Keinginan adalah tujuan. Sedangkan kebutuhan adalah faktor pendukung.
  • Dari sudut pandang objektivitas, kebutuhan adalah manfaat dan keinginan adalah sebuah kepuasan. Sedangkan dari sisi kaca subjektivitas, keutuhan adalah fungsi dan kebutuhan merupakan sebuah selera.
Leave a Reply