Review XL Home 4G Router WiFi

Kebutuhan akan koneksi internet semakin meningkat, hal ini juga yang saat ini saya rasakan. Berawal dari kegalauan, bingung apakah mau pasang indihome atau membeli modem saja, dipikir-pikir lagi, akhirnya saya memutuskan untuk membeli modem saja, setelah browsing sana-sini, pilihan jatuh pada perangkat XL Home 4G Router WiFi.

Sudah memilih apa yang ingin dibeli, galau lagi mau beli online atau langsung ke XL Center. Bukannya apa-apa, XL Center terdekat jaraknya 60 Kilometer dari rumah, jauh dong. Tapi karena sudah gatel pengin nyoba, diputuskan untuk membeli di XL Center saja. Berangkatlah saya menuju kantor yang warna cat-nya biru putih itu.

Sampai di XL Center disambut mas satpam, terus ditanya keperluannya apa, sayapun menanyakan ada stok XL Home apa tidak, syukurlah masih ada stoknya, lanjut dikasih nomer antrian. Jalan ke kursi tunggu, eh… belum sempat duduk, udah dipanggil mba CS. Langsung saya utarakan maksud dan tujuan, setelah dikasih sedikit penjelasan, akhirnya saya mendapatkan perangkat XL Home 4G Router WiFi ini dengan harga Rp. 999.000. Dengan harga tersebut, kita mendapatkan bonus kuota sebesar 240GB selama 90 hari (perbulan dapat 80GB). Untuk registrasi SIMnya juga sudah dibantu, jadi kita bisa langsung pakai.

XL Home

Di dalam box XL Home 4G Router WiFi, kita akan mendapatkan perangkat router Huawei B310, Buku Panduan, Kartu Garansi, Adaptor Daya, Kabel LAN panjang 1,5 meter, 2 Antena Eksternal, dan tentunya kartu SIM XL.

XL Home 4G Router WiFi

Bagaimana untuk kecepatan internetnya? Untuk hal ini pastinya tergantung lokasi, di rumah saya sinyal yang didapat cuma 1-2 bar, dan ini hasil kecepatan koneksinya yang saya test lewat web www.speedtest.net

Speedtest XL Home 4G Router WiFi

Salah satu alasan kenapa saya memilih XL Home adalah harga paketnya yang pas di kantong dan sesuai kebutuhan saya pribadi. Perlu kalian ketahui, saat pembelian pertama kali kita mendapatkan kuota 240GB untuk 90 hari, nanti di bulan selanjutnya akan otomatis berlangganan ke paket yang harganya Rp. 300.000 (kuota 130GB untuk 30 hari) bila pulsa mencukupi. Kalau dirasa terlalu mahal, sebaiknya jangan diisi pulsa dulu dan biarkan sampai masa berlaku paketnya habis. Setelah itu baru pilih paket yang sesuai dengan kantong kalian, untuk harganya bisa lihat gambar dibawah ini.

Paket XL Home

Itu saja Review XL Home 4G Router WiFi yang bisa saya bagi dengan kalian, selain tulisan ini, saya juga sudah membuat video unboxingnya, bisa ditonton dibawah. Kalau ada pertanyaan silahkan tanyakan saja lewat kolom komentar, kalau sempat pasti akan saya balas. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

XL Home Router Wireless (Update 2019)

Kebutuhan akses internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama saat ini. Terlebih lagi dengan hadirnya perangkat akses internet seperti tablet dan smartphone, menjadikan pengguna perangkat tersebut ‘wajib’ untuk membeli paket internet jika ingin menikmati berbagai fitur yang disajikan pada perangkat-perangkat tersebut.

Fenomena ini menyebabkan para provider internet berlomba-lomba mengeluarkan paket internet murah yang bisa menarik minat para pengguna internet dan menjadikannya sebagai perlanggan tetap mereka. Salah satunya adalah XL yang sudah mengeluarkan bundling yang bernama XL Home.

XL Home adalah perangkat router XL yang dipadukan dengan paket kuota internet sebesar 240GB dengan masa berlaku selama 90 hari. Sesuai dengan namanya, paket ini identik dengan layanan internet yang bisa memenuhi kebutuhan akses internet keluarga selama 3 bulan.

Spesifikasi Router Modem XL Home

Saat membeli paket XL Home, Anda tidak saja mendapatkan paket internet sebesar 240GB, tetapi juga mendapatkan router Huawei B310S. Sejak dahulu modem Huawei dikenal dengan kualitasnya, sehingga Anda tidak akan kecewa memiliki router besutan Huawei tersebut.

Untuk mengetahui sejauh mana kualitas yang dimiliki oleh router XL Home, di bawah ini saya akan keunggulan yang ditawarkan oleh router XL Home tersebut :

1. Kecepatan Akses Internet dan Download yang Cepat

Router XL Home memiliki kekuatan jaringan 4G yang mendukung LTE Category 4 (cat4), sehingga kemampuan download router ini mencapai 600Mbps. Dengan kecepatan download seperti itu, Anda bisa mengakses internet dengan cepat dan mendownload berbagai file berukuran besar yang Anda inginkan dengan cepat tanpa merasa jenuh karena terlalu lama menunggu proses download selesai.

Jika Anda dan keluarga senang menonton video streaming seperti video youtube, maka kecepatan internet yang diberikan oleh router ini menjadikan aktifitas menonton Anda dan keluarga menjadi lebih baik dan memuaskan karena terhindar dari buffering.

2. Jangkauan Jaringan yang kuat dan Luas

WiFi yang dipancarkan oleh router XL Home ini mendukung gelombang 2.4 GHz. Artinya, interferensi jaringannya lebih banyak yang mengakibatkan sinyal wifinya menjadi lebih kuat. Panjang jangkauan gelombangnya 2 kali lipat lebih baik dari 5.8 GHZ sehingga mampu menjangkau seluruh ruangan di dalam rumah. Setiap anggota keluarga bisa menikmati akses internet yang cepat dan lancar di kamar masing-masing tanpa harus berkumpul di dalam sebuah ruangan tertentu.

3. Bisa Diakses 32 Pengguna

Router XL Home ini bisa digunakan oleh 32 orang secara bersamaan. Dengan jumlah pengguna sebanyak ini, router ini sangat cocok digunakan di rumah bersama anggota keluarga dan digunakan untuk kebutuhan kantor.

Harga Paket XL Home Lebih Murah

Harga paket XL Home tergolong murah dan hemat untuk memenuhi kebutuhan internet keluarga. Bayangkan saja, hanya dengan membayar sebesar Rp.999.000 atau lebih murah saat diskon, Anda mendapatkan modem Huawei E5577 dengan bonus kuota internet sebesar 240GB yang berlaku selama tiga bulan. Setiap bulannya dalam rentang waktu tiga bulan itu, Anda diberikan jatah kuota internet sebesar 80GB. Rinciannya kuota bulanan tersebut adalah 20GB untuk kuota utama dan 60GB untuk kuota bonus. Semua kuota hanya bisa digunakan dalam jaringan 4G.

Kuota sebesar 80GB per bulan sebenarnya tergolong besar untuk penggunaan normal. Tapi jika digunakan untuk sebuah keluarga yang anggota keluarganya tergolong banyak, atau digunakan di kantor, tentu saja kuota tersebut tidak mencukupi.

Tapi jangan khawatir, jika Anda kehabisan kuota sebelum datang bulan berikutnya, Anda bisa menggunakan paket kuota tambahan yang disediakan oleh XL. Paket tersebut disebut dengan paket booster. Harga kuota tambahan tersebut berkisar Rp. 50.000 atau Rp. 100.000 dengan jumlah kuota sebesar 5GB atau 15GB. Paket booster ini bisa Anda beli berkali-kali dalam satu bulan yang sama.

Jika paket internet sebesar 240GB yang berlaku selama tiga bulan tersebut sudah habis, Anda tetap bisa menikmati layanan paket XL Home senilai Rp. 300.000 (harga diskon) atau Rp. 500.000 (harga normal). Harga promo berlaku selama 3-6 bulan, tergantung pada area Anda. Harga paket XL Home tersebut akan kembali normal saat masa promo berakhir.

Memasuki bulan keempat atau berikutnya, pastikan pulsa Anda sudah mencukupi, sehingga bisa mendapatkan kuota total 80GB untuk bulan keempat. Hanya saja, untuk perpanjangan paket XL Home setiap bulannya, pulsa minimal yang harus Anda miliki adalahRp. 300.000 (jika dapat promo) atau Rp. 500.000 untuk harga normal.

Jika pulsa yang Anda miliki tidak cukup untuk melakukan perpanjangan, otomatis paket XL Home akan berakhir. Jika Anda mendapatkan harga diskon untuk XL Home, maka pembatalan paket seperti ini tidak bisa dilakukan. Meskipun pembatalan tetap terjadi, modem dan nomor XL yang Anda gunakan tetap masih aktif. Hanya saja untuk penggunaan berikutnya yang berlaku adalah paket internet XL normal, bukan paket khusus XL Home.

Detail Broadband Plan

Jika kuota bulanan Anda sudah habis, Anda bisa menambahkan paket Broadband Plan sesuai kebutuhan. Adapun rincian paketnya adalah sebagai berikut :

  • Broadband Plan seharga Rp.75.000. Total kuota yang didapatkan sebesar 3 GB untuk jaringan 3G/4G, 12 GB kuota untuk jaringan 4G serta bonus sebesar 2 GB untuk jaringan 4G. Masa aktif paket ini selama 30 hari.
  • Broadband Plan seharga Rp.125.000. Total kuota yang didapatkan sebesar 5 GB untuk jaringan 3G/4G plus 35 GB untuk jaringan 4G, serta bonus sebesar 3 GB untuk jaringan 4G. Masa aktif paket ini selama 30 hari.
  • Broadband Plan seharga Rp,200.000. Total kuota yang didapatkan sebesar 8 GB untuk jaringan 3G/4G plus 72 GB untuk jaringan 4G, serta bonus kuota 5 GB untuk jaringan 4G. Masa aktif paket ini selama 30 hari.
  • Broadband Plan seharga Rp.300.000. Total kuota yang didapatkan sebesar 10 GB untuk jaringan 3G/4G plus 120 GB untuk jaringan 4G, serta bonus kuota 10 GB untuk jaringan 4G. Masa aktif paket ini selama 30 hari.

Pengembalian dan Garansi XL Home

Terkait dengan layanan jaringan 4G yang sampai saat ini belum menjangkau semua daerah, operator XL memberikan kesempatan kepada pelanggannya untuk mengembalikan paket XL Home yang sudah dibeli jika di daerahnya belum ada layanan 4G.

Dipersyaratkan bagi pelanggan yang ingin melakukan pengembalian paket XL Home, harus mengembalikannya paling lambat tiga hari setelah aktivasi kartu XL Home. Selain itu, dipersyaratkan data yang sudah digunakan tidak lebih dari 1 GB dan paket XL Home dikembalikan utuh dengan kardusnya.

Selain pengembalian, paket XL Home juga digaransi selama setahun. Jika modemnya mengalami kerusakan dari pabrik, bukan kesalahan pengguna, maka Anda dapat membawa modem ini ke Huawei Service Center atau collection point.

Demikianlah informasi seputar paket XL Home pada artikel kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, khususnya yang belum mengetahui informasi lengkap seputar hal ini.

2 Comments

  1. untuk Admin,
    apakah paket plan S, M, L & XL itu, free akses youtube & medsos atau gimana? tolong info detailx

Leave a Reply