Tips Membeli Motor Bekas

Untuk anda yang ingin membeli motor bekas, maka tentu saja anda harus mengetahui mengenai tips membeli motor bekas yang baik. Dengan begitu anda pun tidak akan gampang tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dalam hal ini kita pun bisa melihat dan mengetahui mengenai kekurangan motor bekas yang akan kita beli. Sehingga hal ini pun bisa menghindarkan kita akan adanya kesalahan dalam memilih motor bekas yang akan dibeli.

Tentu saja ada beberapa tips untuk anda agar mampu menyeleksi motor terbaik diantara motor bekas yang tentunya akan Anda beli. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan jika ingin membeli motor bekas.

Cari Harga Pasaran Motor

Untuk Anda yang sudah menentukan tentang tipe mana yang akan Anda beli, maka alangkah baiknya jika Anda melakukan analisa terlebih dahulu mengenai harga pasaran untuk motor bekas yang akan Anda beli. Walaupun hal ini sangat sepele, tetapi langkah ini pun sungguh perlu untuk dilakukan. Karena tentunya untuk tipe motor memiliki kisaran harga pasaran yang berbeda-beda dan tentu saja juga bergantung pada keadaan motor tersebut.

Pilihlah Penjual Yang Dapat Dipercaya

Pilihlah penjual motor bekas yang bisa dipercaya, sehingga Anda tidak merasa was-was tentang motor bekas yang akan dibeli dari penjual tersebut. Dalam langkah ini pun memiliki tujuan agar untuk menghindari dan mencegah dari penjual yang sangat suka menipu dan nakal saat memperjual belikan motor bekasnya.

Untuk menghindari penjual yang tidak baik, maka Anda pun bisa melakukan pencarian terhadap beberapa penjual yang benar-benar telah dikenal dengan baik ataupun terbukti dengan motor bekasnya yang memiliki kualitas yang baik. Hal ini pun juga menjadi salah satu tips membeli motor bekas yang baik dan benar.

Lakukan Pengecekan Nomor Mesin dan Nomor Rangka

Sebelum Anda menetapkan motor bekas yang akan Anda beli, maka alangkah baiknya jika Anda melakukan pengecekan yang cermat terhadap nomor mesin dan nomor rangka motor tersebut. Dan tentu saja Anda harus ingat bahwa pada langkah ini Anda pun harus mewaspadai akan adanya kekeliruan dalam melakukan pengecekan. Karena jika ditemukan kesalahan akan ketidaksesuaian diantara nomor mesin dan nomor rangka maka surat tersebut tentu saja akan mengakibatkan kesalahan yang fatal.

Periksalah Dengan Teliti Tentang Kelengkapan Surat Kendaraan

Langkah ini pun juga sangat penting dalam menentukan keputusan akhir sebelum membeli motor bekas yang akan Anda bawa pulang. Anda pun bisa mengecek surat-surat pada motor bekas tersebut, seperti STNK dan BPKB. Tentu saja langkah inipun dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang kejelasan terhadap pemilik pertama dari motor bekas yang akan dibeli. Hal ini pun juga bisa membuktikan bahwa motor bekas tersebut bukanlah merupakan sebuah motor curian ataupun pinjaman.

Baca juga: Biaya Pembuatan SIM C

Lakukan Pengecekan Terhadap Bodi Motor

Langkah ini bisa Anda lakukan dengan cara pengecekan langsung pada bodi motor bekas saat berada di toko dimana Anda akan membeli motor tersebut. Langkah inipun bisa dilakukan dengan mudah karena bodi motor sangatlah tampak jelas dari luar, sehingga memudahkan Anda dalam melakukan pengamatan.

Tips-tips tersebut merupakan referensi untuk Anda agar mampu menyeleksi motor yang baik diantara motor bekas yang akan Anda beli. Dan tentunya tips membeli motor bekas diatas sangatlah membantu Anda dalam menentukan pilihan Anda.

Leave a Reply