Cara Membuat Ketoprak

Ketoprak adalah salah satu makanan tradisional khas Betawi yang hingga saat ini masih laris dicari dan diminati untuk dijadikan sebagai menu sarapan atau juga jadi hidangan segar saat makan siang maupun hingga sebagai salad lokal saat makan malam. Ketoprak itu enak dimakan tiap saat.

Cara membuatnya yang mudah membuat Ketoprak jadi menu favorit sarapan pagi. Sajiannya juga praktis dan tidak ribet, dengan bahan yang terdiri dari irisan ketupat atau bisa juga lontong yang dihidangkan bersamaan dengan sayuran tauge, dan tahu goreng, serta bihun, dan yang lalu diberi siraman dengan saus kacang dan juga dilengkapi dengan kerupuk.

Hidangan sarapan juga akan lebih sehat jika dibuat sendiri di rumah dan dengan mempergunakan aneka bahannya yang segar dan bersih. Cara pembuatannya dijamin mudah dan praktis, agar bisa cepat meraciknya di pagi hari maka beberapa bahannya bisa dipersiapkan terlebih dahulu sebelumnya, yakni seperti ada tahu gorengnya, juga kecambah, serta juga dengan bihun dan juga ketupat atau lontongnya yang bisa dimasak sebelumnya dan lalu didinginkan hingga memadat, bahkan bumbu saus kacangnya juga bisa dipersiapkan terlebih dahulu sebelumnya.

Proses pembuatan saus kacangnya bisa dengan diulek secara manual dengan menggunakan cobek agar teksturnya bisa lebih bervariasi dan renyah. menggunakan mixer, namun bisa juga membuat bumbu kacang dengan cara diblender yang akan menghasilkan saus bumbu kacang yang sama halusnya, bertekstur lebih seragam. Tergantung selera. Berikut ini adalah resep cara membuat Ketoprak yang enak dan segar.

Bahan-Bahan Utama

  • Tauge sebanyak 500 gram, yang sudah dicuci bersih serta diseduh dengan air panas
  • Bihun sebanyak 100 gram, yang telah direndam dengan air hingga jadi lunak
  • Tahu putih sebanyak 10 buah
  • Ketupat sebanyak 8 buah

Bahan Bumbu Saus Kacang Ketoprak

  • Kacang tanah sebanyak 500 gram, yang sudah digoreng serta lalu dihaluskan
  • Air hangat sebanyak 200 ml
  • Bawang putih sebanyak 12 siung
  • Cabai rawit merah sebanyak 10 buah, yang sudah digoreng beberapa saat sebelumnya
  • Garam sebanyak 2 sendok teh
  • Kecap manis dalam jumlah sesuai selera

Cara Membuat Ketoprak

Goreng tahu putihnya dulu hingga berkulit warna kecoklatan. Siapkan wajan penggorengan yang sudah diisi dengan minyak kelapa, dan lalu tunggu hingga cukup panasnya lalu masukkan tahunya dan goreng hingga sampai setengah matang. Kemudian tiriskan. Lalu letakkan tahu yang sudah berkulit tadi di atas talenan, dan kemudian potong-potong tahu jadi ukuran yang lebih kecil sesuai selera. Potong juga ketupat atau lontongnya dengan ukuran sesuai selera.

Cara Membuat Saus Kacang Ketoprak

Bisa dengan menggunakan blender atau ulekan, haluskan bahan-bahan saus kacangnya, yakni ada garam, dan bawang putih, serta cabe rawit merah. Lalu setelah mulai menjadi agak halus, kemudian tambahkan dengan sedikit air, dan kacang, serta kecap manis. Kemudian haluskan kembali hingga seluruh bahannya tercampur dan teksturnya menjadi semakin halus.

Cara Menghidangkan Ketoprak

Susun bahan-bahan Ketoprak di atas piring, yakni ada irisan ketupat dan tahu serta bihun, dan juga taogenya. Lalu siram dengan saus kacangnya dan tambahkan kecap manis sesuai selera. Selanjutnya taburi dengan bawang goreng serta kerupuk pada bagian atasnya, maka Ketoprak sudah siap untuk disajikan.
Cara membuat hidangan Ketoprak ternyata sangat mudah bukan.

Leave a Reply