Cara Menata Ruang Tamu Rumah Minimalis

Memiliki sebuah rumah minimalis memang menjadikan pemiliknya harus benar-benar pandai untuk menata setiap detail ruang yang ada di rumah tersebut. Pastinya tanpa penataan yang baik, rumah tidak akan sempurna dan tertata rapi sesuai yang selama ini kita inginkan.

Ketika menata ruang tamu, sangat penting agar kita mempertimbangkan cara penataan yang menjadikan ruangan di rumah terkesan lapang dan humble. Dengan demikian, tamu yang datang ke rumah tentu akan merasa nyaman.

Mengenai bagaimana cara menata ruang tamu rumah minimalis agar terkesan lapang dan humble bisa Anda cek dan simak dalam informasi di bawah ini.

Menata Ruang Rumah Minimalis dengan Perabotan yang Tepat

Pemilihan perabotan yang tepat

Hal pertama yang Anda harus perhatikan dalam pemilihan dan penataan ruang tamu di rumah minimalis agar rumah Anda terkesan lebih lapang adalah pemilihan perabotan yang tepat. Upayakan Anda selektif dalam memilih suatu perabotan. Jangan sampai Anda memaksakan kehendak atas suatu perabotan.

Hindari memilih perabotan yang terlalu besar karena perabotan yang terlalu besar akan sesak dan memenuhi ruangan di rumah Anda. Perabotan multifungsi juga dapat menjadi pilihan tepat untuk menjadi pelengkap ruang tamu Anda.

Pemilihan warna dan pola dinding

Menata ruang tamu rumah minimalis yang selanjutnya juga diperlukan bagaimana Anda mengaplikasikan finishing pada dinding ruang tamu. Hal ini menjadi suatu aspek yang sangat penting karena dinding akan menjadi elemen dominan yang akan berpengaruh pada suatu atmosfer serta suasana dari ruang tamunya.

Jika suatu ruang tamu dalam sebuah rumah minimalis sering menjadi tempat bercengkrama dengan tamu dan keluarga, maka cara menata ruang tamu rumah minimalis yang tepat adalah dengan Anda meminimalisir warna-warna yang terlalu terang.

Pola-pola yang berlebihan juga harus diupayakan untuk dihindari karena warna dan pola yang berlebihan akan memberikan kesan keras dan juga terlalu membuat mata menjadi lelah. Gunakan warna-warna yang cenderung lembut agar ruangan bisa nyaman untuk dimanfaatkan bersantai dalam kurun waktu yang lama.

Sementara jika suatu ruang tamu hanya menjadi pelengkap, ruang tamu yang ekspresif dengan aneka warna terang dan pola yang berani juga bisa diterapkan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, fungsi dan keinginan Anda sebagai pemilik rumah.

Material Lantai Rumah Minimalis

Pastikan material lantai yang digunakan sesuai

Material lantai juga menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan dalam menata ruang tamu. Manfaatkan material yang tidak terlalu keras dan hangat. Secara umum biasanya material lantai yang sering digunakan adalah lantai parket dan vynil.

Akan tetapi banyak juga yang sekarang ini berkeinginan menghadirkan nilai kemewahan pada ruang tamu dengan menghadirkan material seperti marmer atau material keras yang lain.

Anda tetap bisa memberikan rasa nyaman pada ruang tamu dengan penggunaan karpet di area sofa saja sehingga ketika duduk, tamu bisa merasa hangat dengan karpet yang digunakan.

Perhatikan segi pengaturan cahaya

Sampai detik ini masih banyak orang yang merasa bingung tentang bagaimana dan seperti apa cara menata ruang tamu khususnya di bagian tata pencahayaan. Satu hal yang Anda harus tahu bahwa sebenarnya fungsi tata cahaya pada ruang tamu tidak hanya untuk memudahkan aktivitas.

Melainkan juga fungsi lainnya dari tata cahaya pada ruang tamu adalah menghidupkan suasana di ruang tamu sehingga lebih ceria dan membuat ilusi ruang tamu yang lebih luas.

Dalam konsep tata cahaya sendiri, ada dua pengaturan cahaya yang bisa diaplikasikan pada ruang tamu. Tata cahaya terang dengan lampu berwarna putih pada ruang tamu bisa diterapkan jika Anda melakukan banyak aktivitas di ruang tamu. Semisal jika ruang tamu juga dijadikan ruang nonton televisi, ruang baca atau yang lainnya.

Sementara jika Anda menggunakan ruang tamu hanya sebagai ruang berbincang-bincang dengan tamu dan ingin memberikan suasana yang lebih intim, Anda bisa manfaatkan cahaya lampu berwarna kuning temaram.

Dekorasi Ruang Tamu Rumah Minimalis

Memperhatikan dekorasi pelengkap

Cara menata ruang tamu rumah minimalis yang selanjutnya agar terkesan lapang dan humble adalah dengan menambahkan dekorasi pelengkap. Untuk ruang tamu yang mengutamakan sisi kenyamanan, memilih dekorasi pelengkap di ruang tamu seperti karpet lantai dan bantalan sofa yang empuk bisa diterapkan.

Dekorasi artistik seperti patung, guci sampai poster printing juga bisa diterapkan jika Anda ingin ruang tamu yang lebih memberikan sisi impresi yang presisi. Dekorasi artistik semacam itu akan membangun estetika visual yang lebih terasa.

Namun kebanyakan ruang tamu rumah minimalis lebih mengutamakan dekorasi yang bersifat minimalis dan multifungsi seperti rak pembatas sekaligus yang bisa difungsikan meletakkan aneka pajangan kecil.

Itulah beberapa langkah cara menata ruang tamu rumah minimalis agar terkesan lapang dan humble yang bisa Anda praktekkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply