Tren Desain Rumah Modern Minimalis

Dunia arsitektur memang akan senantiasa mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan dari tahun ke tahun. Di era modern ini, dengan fenomena semakin menyempitnya lahan pemukiman penduduk, rumah modern minimalis menjadi pilihan banyak orang yang akan membangun atau merenovasi sebuah rumah.

Rumah dengan konsep modern minimalis ini memang menjadi sebuah tren terbaik yang bisa dipertimbangkan untuk dibangun. Konsepnya yang sempurna namun tidak perlu lahan yang begitu luas tentu menjadikan orang-orang yang bermasalah dengan lahan sempit bisa membuat rumah impian tanpa bingung soal luasnya lahan yang mereka punya.

Sebagai ide desain untuk Anda, berikut beberapa desain rumah modern minimalis yang sedang tren dan direkomendasikan untuk menjadi inspirasi desain rumah Anda.

Rumah minimalis dengan warna monokrom

Rumah minimalis dengan warna monokrom

Ide desain rumah modern minimalis yang pertama direkomendasikan adalah tren desain rumah minimalis monokrom. Warna monokromnya bisa diterapkan pada dinding dan lantai. Misalkan warna putih pada dinding dan penggunaan warna hitam di bagian lantai.

Perpaduan kesan monokromnya juga dapat digunakan pada kusen pintu dan jendela rumah minimalis. Fasad pada model rumah minimalis terbaru sendiri juga menggunakan kombinasi aksen batu alam dengan warna gelap yang menyerupai warna hitam atau warna terang yang menyerupai warna putih.

Rumah minimalis dengan konsep split level

Model rumah minimalis terbaru yang satu ini juga sempat menjadi tren. Jadi selain membuat tampilan rumah minimalis terlihat keren, konsep split level yang diterapkan juga menjadikan penataan tata ruang rumah semakin optimal.

Hal tersebut tentu karena lahan untuk mendirikan rumah yang semakin terbatas sehingga optimalisasi tata ruang menggunakan konsep split level semakin ngetren dan banyak digemari orang. Rumah yang berdiri dengan konsep split level sendiri menonjolkan suatu teknik konstruksi untuk menciptakan ruang lebih dengan menonjolkan perbedaan ketinggian lantai. Hal tersebut yang menjadikan konsep rumah split level bisa terlihat lebih lapang dan lebih besar.

Rumah minimalis dengan penggunaan ornament batu alam sederhana

Rumah minimalis dengan penggunaan ornament batu alam sederhana

Model rumah minimalis yang satu ini juga seringkali menjadi sebuah tren baru di desain rumah modern minimalis. Batu alam bisa dimanfaatkan pada berbagai macam spot di rumah. Salah satu spot yang paling sering menggunakan batu alam pada sebuah bangunan rumah dengan konsep minimalis adalah pada bagian pagar rumah dan dinding fasad rumah.

Sementara untuk di dalam rumah, dapur dan taman dalam rumah lebih sering memanfaatkan rumah modern minimalis ini. Jenis batu alam ada banyak sekali macamnya.

Salah satu jenis yang sekarang ini sedang benar – benar menjadi trend baru adalah batu alam dengan permukaan yang dibuat bersama finishing beralur seragam yang kemudian dipoles halus memanfaatkan mesin atau di bakar sehingga warnanya bisa senada.

Rumah minimalis dengan gaya geometris

Meskipun terlihat cukup unik dan aneh, model rumah minimalis modern dengan gaya geometris ini berhasil menunjukkan keunikannya sampai menjadi desain yang tahun ini sedang menjadi trend.

Rumah dengan gaya geometris sendiri mampu menampilkan kesan yang futuristic serta juga menonjolkan bentuk kubus. Ada juga yang salah satunya hadir dikonsep dengan bentuk trapesium.

Rumah ini pada beberapa orang memang terkesan sedikit aneh, nyeleneh. Namun bagi orang – orang metropolis yang notabennya suka dengan segala sesuatu yang menarik tentu bentuk bangunan rumah ini akan sangat berkesan.

Kesan yang futuristik benar – benar hadir. Sementara dari sisi geometris sendiri kesan futuristiknya mampu membuat gaya geometris berhasil menjadi salah satu model rumah yang trend dan digunakan pada beberapa bagian bangunan rumah, entah itu pada bagian fasad, atau yang lainnya.

Rumah minimalis dengan dominasi full height window

Rumah minimalis dengan dominasi full height window

Desain rumah minimalis terbaru yang selanjutnya juga turut menjadi trend adalah rumah minimalis yang memanfaatkan full height window di hampir seluruh bagian fasadnya. Kemudian penggunaan dari material kaca bening di bagian jendela yang berukuran besar turut menjadikan desain rumah ini terkesan sangat luas dan megah.

Tampilan rumah minimalis di bagian luar dengan konsep ini juga terkesan sangat stylish dan sekaligus sangat simple. Dengan adanya konsep full height window pada desain rumah minimalisnya menjadikan rumah yang dibangun ramah. Ramah terhadap penggunaan energy dan ramah terhadap lingkungan.

Hal tersebut karena konsep full height window pada bangunan rumah dapat menjadikan cahaya sinar matahari yang masuk pada siang hari dan pagi hari ke dalam rumah akan mampu menerangi keseluruhan bagian ruangan rumah.

Model rumah modern minimalis yang sedang trend ini juga menjadikan rumah jauh dari kesan sumpek serta menjadikan rumah terhindar dari kesan lembab dan pengap yang tidak nyaman.

Itulah berbagai model dan ide desain rumah modern minimalis yang sekarang ini sedang menjadi trend. Anda bisa memilih salah satu desain diatas sebagai inspirasi hunian terbaik Anda.

Leave a Reply