Alat Roasting Kopi Produksi Dalam dan Luar Negeri

Alat roasting kopi berfungsi sebagai media untuk memanggang biji kopi yang masih mentah. Cita rasa biji kopi akan terbentuk setelah melalui tahap pengeluaran air, pengeringan hingga pengembangan biji. Selain itu, karakter dari biji kopi juga dipengaruhi oleh proses roasting ini, semakin lama waktu pemanggangan maka akan semakin gelap warna biji kopinya.

Beberapa Merk Coffee Roaster yang Cukup Terkenal

1. Froco

Froco Coffee Roaster
Froco Fr15T (instagram.com/frocoroastery)

Mesin pemanggang biji kopi yang diproduksi oleh perusahaan Froco sudah lama dikenal. Selain memproduksi coffee roaster, perusahaan ini juga termasuk salah satu pemasok kopi di Indonesia. Mesin Froco dapat digunakan untuk tujuan skala besar yang mampu menahan 500 kg biji kopi dan skala kecil yang berkapasitas 5 kg biji kopi.

2. Ikawa Coffee Roaster

Ikawa Coffee Roaster
Ikawa Pro (www.ikawacoffee.com)

Pesatnya perkembangan teknologi membuat mesin pemanggang biji kopi semakin canggih, salah satunya adalah Ikawa Coffee Roaster. Merk Ikawa menghadirkan mesin pemanggang digital berukuran kecil yang mampu memuat 60 gram bij kopi. Teknologi digital yang disematkan memudahkan dalam memanggang biji kopi karena cukup menekan satu tombol saja, tidak repot seperti mesin manual.

Baca juga: 5 Alat Kopi Rumahan Untuk Yang Suka Ngopi

3. NOR Coffee Roaster

NOR Coffee Roaster
NOR N1000i (norcofeeroaster.com)

Salah satu alat roasting kopi yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri dengan kualitas baik adalah NOR Coffee Roaster. Merk NOR buatan asli Jember ini sudah cukup dikenal dan banyak digunakan untuk kedai kopi dan industri. Selain itu, NOR Coffee Roaster juga dapat dipesan secara custom apabila pembeli menginginkan permintaan khusus untuk model alatnya.

4. Ramesia

Ramesia Coffee Roaster
Ramesia Coffee Roaster (ramesia.com)

Merk lain yang bisa dijadikan pilihan adalah Ramesia. Alat ini tidak hanya dibuat untuk memanggang biji kopi hingga mencapai kematangan tertentu tetapi juga untuk memprosesnya menjadi minuman. Oleh sebab itu, Ramesia akan mempercepat kerja dan menghemat waktu. Selain itu, penggunaan alatnya pun mudah sehingga tidak perlu takut membuat kesalahan.

5. VNT

VNT Alat Roasting Kopi
VNT Coffee Roaster (sjglobal.id/roaster)

Alat pemanggang merk VNT memiliki beragam varian yang dibedakan melalui kapasitasnya. Pertama adalah VNT yang berkapasitas 2,5 kg biji kopi. VNT tipe ini mampu melakukan roasting selama 12 hingga 20 menit untuk setiap 2,5 kg. Kedua adalah VNT berkapasitas 5 kg yang mampu melakukan roasting selama 10 hingga 20 menit per 5 kg. Ketiga adalah VNT berkapasitas 12 kg biji kopi yang mampu melakukan pemanggangan selama 12 hingga 20 menit.

Semua tipe VNT menggunakan computerize control dan komponen pembakar berupa keramik. VNT merupakan salah satu alat pemanggang biji kopi yang berasal dari luar negeri. Kehadirannya cocok untuk memenuhi kebutuhan roastery skala kecil di Indonesia.

Proses pemanggangan biji kopi yang masih mentah merupakan tahapan yang penting. Saat pemanggangan, terdapat tingkat kematangan yang harus diperhitungkan yaitu light, medium, dan dark. Semakin lama waktu pemanggangan, maka semakin gelap warna biji kopi tersebut, dan cita rasanya juga berbeda. Apabila biji kopi tidak dipanggang maka akan terasa pahit saat diminum.

Leave a Reply