Cara Menyetir Mobil Matic

Tidak masalah bila kita ingin memilih mobil dengan dua atau tiga pedal. Penyebutan tersebut menjadi representasi untuk mobil matic dan manual. Dua pedal untuk mobil matic, tiga pedal untuk mobil manual. Biasanya, mobil matic cenderung digunakan oleh masyarakat perkotaan dengan tekstur jalanan yang lebih rata. Pun identik dengan mobil para perempuan karena untuk menggunakannya bisa lebih mudah daripada manual yang terkenal lebih kompleks.

Meskipun lebih mudah untuk cara menyetir mobil matic, namun kita tetap harus belajar dan membiasakan diri untuk menyetir mobil. Hal yang paling unik dari menyetir mobil memang adalah tentang kebiasaan. Semakin intens kita melihat atau menemani orang menyetir mobil, semakin mudah kita terbiasa menjadi orang yang menjalankan mobil tersebut.

Cara Menyetir Mobil Matic

Nah, sebelum turun ke lapangan untuk praktek menyetir secara langsung, lebih baik kita belajar dan memahami teori terlebih dahulu untuk mengetahui langkah-langkah alias urutan yang harus kita pahami saat menyetir mobil matic.

Tentang Rumus Tuas

Selain jumlah pedal, mobil matic terkenal memiliki tuas yang khusus dan harus kita hapalkan bila ingin mengendarai dengan tenang. Pertama, tuas P adalah tuas yang kita pilih saat berhenti cukup lama. Misalnya jalanan yang sangat macet. P berarti Park atau memarkir untuk sementara waktu.

Kedua, adalah tuas R alias return yang kita pilih saat akan memundurkan mobil. Ketiga tuas N atau Neutral. Biasanya akan digunakan saat mobil berhenti sebentar. Misalnya dalam arus padat atau macet. Saat memilih N, biasanya kita juga akan menggunakan rem tangan supaya kendaraan benar benar berhenti. Pun saat memilih N, kaki kita lepas dari kedua pedal, yaitu pedal rem dan pedal gas.

Terakhir adalah D atau drive yang tidak lain digunakan untuk maju. Tuas D terdiri dari D1, D2, dan D3 yang bisa kita pilih berdasarkan kecepatan laju mobil kita. Biasanya D1 dan D2 yang akan kita gunakan untuk laju kecepatan mobil yang rendah.

Tahapan Menyetir

Bila sudah mengerti dengan rumus tuas yang harus kita ingat untuk menyetir mobil matic, sekarang kita beralih ke tahapan cara mengendarai mobil matic secara langsung. Pertama, kita harus memastikan tuas pada posisi P. Baru kita bisa menginjak pedal rem, lalu menyalakan mesin. Setelahnya kita beri waktu pada mobil supaya kondisinya sedikit panas.

Selanjutnya bila ingin memajukan mobil, kita pindahkan tuas ke D1. Setelah itu pelan pelan kita angkat rem agar kendaraan bisa refleks maju. Baru kemudian kita bisa menekan pedal gas secara pelan pelan. Bila ingin mundur, kita bisa pindahkan ke tuas R. Jangan lupa juga, biasakan menginjak pedal rem ketika ingin mengganti tuas. Lalu saat ingin menambah kecepatan, kita bisa menggeser tuas ke D2 atau D3.

Selain itu, yang harus kita ketahui saat belajar cara menyetir mobil matic bagi pemula adalah pengaturan tombol tombol lainnya yang harus kita ingat. Misalnya ada mobil dengan pengunci pintu otomatis. Biasanya kunci pintu akan bekerja saat kita memindah tuas pada D, atau saat kita memulai laju mobil. Ada juga pengaturan posisi spion yang bisa kita jalankan melalui tombol yang ada di sekitar setir. Pun dengan hiburan seperti audio dan video yang dimiliki oleh mobil tertentu, bisa kita jalankan lewat tombol yang disetting di sekitar pintu pengemudi atau setir. Sekarang, tinggal bagaimana kita membiasakan diri untuk menyetir mobil matic ini.

Leave a Reply