Kunci Sukses Memanfaatkan Facebook Ads Untuk Beriklan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan potensi penjualan produk di akun sosial media adalah promosi. Semakin gencar promosi yang dilakukan, maka semakin tinggi juga nilai dan potensi kesuksesan suatu akun sosial media tersebut dalam mendapatkan follower potensial yang mau menjadi calon pembeli atau bahkan membeli produk yang dijual.

Sosial media apapun layaknya segera dimanfaatkan untuk menjadi akun sosial media bisnis Anda. Jika Anda selama ini memanfaatkan akun sosial media Facebook, Anda bisa menggunakan Facebook untuk advertising memanfaatkan fitur Facebook Ads.

Dengan Facebook Ads, tentu jangkauan market Anda yang ditarget akan semakin luas. Lantas seperti apa kunci sukses memanfaatkan facebook Ads untuk beriklan? Disini kami akan berikan kuncinya untuk Anda!

Kunci Sukses Memanfaatkan Facebook Ads Untuk Beriklan

Karakter target harus dipahami lebih dulu

Fitur yang paling istimewa dari Facebook Ads salah satunya adalah terdapatnya kemampuan untuk membidik target audience dengan sangat spesifik. Fitur tersebut dapat membidik kemampuan audience berdasarkan geografi, demografi, timing, behavior dan connection.

Karenanya sebelum Anda mulai melakukan kegiatan beriklan, Anda harus pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar mengenal adanya karakter dari audience yang Anda ingin targetkan.

Buatlah iklan yang menarik untuk target market Anda

Memahami seperti apa format iklan yang Anda buat tentu menjadi hal yang sangat penting. Seperti yang selama ini Anda tahu bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri atas 2 komponen utama yaitu teks dan gambar.

Dua komponen iklan tersebut baik yang berupa teks dan gambar akan menjadi penentu tentang bagaimana performa iklan Anda ketika sedang tayang karena iklan akan dilihat nantinya oleh orang-orang yang tadi sudah Anda targetkan.

Bayangkan saja jika yang Anda lakukan hanyalah menuliskan copywriting yang seadanya dan biasa saja, tentu hal tersebut tidak akan mampu membuat orang tertarik untuk mencoba bisnis atau layanan Anda.

Karena itu jika Anda ingin iklan Anda menjadi suatu iklan yang sangat powerfull, maka Anda harus mulai memikirkan seperti apa konsep iklan Anda. Jangan asal dan harus memulai untuk melakukan analisa karena hal tersebut sangat penting dilakukan agar iklan Anda bisa maksimal.

Manfaatkan semua fitur target market

Selain membuat suatu iklan yang menarik, Anda juga harus memanfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan facebook Ads untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

Custom audience

Ketika Anda sudah memiliki suatu database termasuk email dari customer sebagai database Anda, maka dengan custom audience, Anda bisa memasukkan list email ke Facebook kemudian nantinya Facebook akan mendeteksi siapa saja dari database yang sudah memiliki akun Facebook.

Hal semacam ini akan sangat memungkinkan bagi Anda dalam melakukan suatu bidikan atas target audience yang terdapat di list email yang aktif di akun sosial media Facebook.

Melakukan retargeting

Yang dimaksud dengan retargeting adalah mengiklankan kembali ke orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dengan Anda. Semisal jika Anda pernah membuat suatu iklan video atau memiliki suatu website, maka Anda bisa mengiklankan kembali kepada mereka sehingga orang-orang yang melihat iklan setidaknya sudah tahu produk yang Anda akan jual.

Look a like audience

Fitur yang satu ini merupakan suatu fitur yang mampu menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audience Anda yang lama. Dengan begitu Anda dapat melihat bahwa ketika Anda sudah paham dan mengerti mengenai kegunaan dari masing-masing fitur juga strategi optimasinya maka menjadikan Anda akan mendapatkan calon customer yang jauh lebih berkualitas dan tentu hal tersebut akan membantu Anda meraih angka omset penjualan yang jauh lebih tinggi.

Ketahui bagaimana cara mengkonversi secara tepat

Setelah iklan Anda mulai berjalan, Anda biasanya akan mulai mendapatkan cukup banyak orang yang melihat dan melakukan respon iklan. Pada tahapan ini, Anda harus memahami seperti apa cara orang-orang yang memberikan respon atas iklan Anda sehingga pada akhirnya menjadi semakin tertarik dan membeli produk Anda.

Tentu kita memang harus memiliki suatu teknik dalam memanfaatkan iklan. Juga termasuk teknik follow up kepada calon pembeli agar mereka semakin tertarik dengan produk yang sedang Anda tawarkan.

Ketika seorang calon pembeli bertanya tentang sesuatu mengenai produk Anda, maka tentu saja teknik merespon atau melakukan follow up menjadi hal yang penting. Jika Anda tidak melakukan follow up secara baik, maka bisa dipastikan closing yang akan terjadi juga tidak akan baik.

Itulah kunci sukses memanfaatkan facebook Ads untuk beriklan yang perlu Anda tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply