Peluang Bisnis Berjualan Oleh-Oleh Haji dan Umroh

Membeli oleh-oleh langsung dari daerahnya memang membawa kesan tersendiri. Namun, bagaimana jika Anda harus membeli dalam jumlah besar? Selain itu bagaimana pula jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membeli karena disibukkan oleh hal lain.

Misalnya saja jika Anda pergi ibadah Haji atau Umroh. Tentu Anda tidak akan bisa membawa oleh-oleh terlalu banyak, bukan? Dari permasalahan inilah muncul sebuah Peluang Bisnis Berjualan Oleh-Oleh Haji dan Umroh.

Peluang ini sangat besar mengingat jumlah jamaah haji dan umroh sangat besar setiap tahunnya. Selain itu, jumlah cargo pesawat juga sangat terbatas. Mereka pun harus menyibukkan diri dengan ibadah sehingga tidak banyak waktu untuk berbelanja oleh-oleh.

Untuk mengembangkan peluang bisnis ini, Anda harus memberikan variasi pada produk yang Anda tawarkan. Banyak sekali produk khas Haji dan Umroh yang bisa Anda tawarkan mulai dari kurma, peci, sajadah, air zam-zam, coklat, kismis, dan lain sebagainya.

Semakin lengkap jenis produk khas Haji dan Umroh yang Anda jual akan semakin baik. Jangan lupa untuk mencari tempat yang strategis. Pastikan jika tempat penjualan tersebut sudah terkenal seperti Tanah Abang dan lain-lain.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat mengembangkan peluang bisnis penjualan produk Haji dan Umroh adalah menyiapkan stok. Jika stok barang banyak tentu akan semakin mudah bagi pembeli untuk memilih dan memesan dalam jumlah besar.

Bagaimana dengan modalnya? Modal untuk bisnis ini memang besar di mana Anda harus menyiapkan setidaknya Rp. 120.000.000. Modal ini digunakan untuk membeli stok barang dan menyewa ruko. Jika Anda tidak memiliki modal sebesar itu, Anda bisa mulai dengan membeli stok dan menjualnya di rumah atau melalui online.

Karena modal sangat terbatas, maka pastikan bahwa produk yang Anda beli merupakan produk yang sering dicari oleh pembeli. Jika memungkinkan, Anda bisa mencari investor untuk memodali Anda. Jika ingin cepat laku, maka jual produk-produk tersebut dalam bentuk grosir.

Tawarkan dengan harga yang kompetitif dari pesaing Anda. Jangan lupa pula untuk melihat kualitas barang dagangan Anda. Ada baiknya untuk fokus terlebih dahulu seperti menjual produk yang tahan lama seperti peci, sajadah, sarung, dan lain-lain ketimbang menjual zam-zam atau kurma.

Pastikan pula untuk menjaga kepercayaan semua pihak baik supplier atau pembeli Anda. Bayangkan saja, dengan melakoni peluang bisnis ini Anda bisa mendapatkan omzet ratusan juta rupiah per bulannya.

Intinya, Anda harus tekun dan mau belajar terus untuk mengembangkan bisnis ini. Jika berkembang dengan pesat, maka bisnis ini tidak hanya akan menjadi bisnis yang laris secara musiman saja tetapi akan laris setiap hari.

Leave a Reply