Ide Model Lampu Gantung untuk Ruang Tamu

Selain tata ruang dan dekorasi yang dapat mempercantik ruang tamu di rumah, tak dapat dipungkiri bahwa pencahayaan sangat penting. Satu cara memaksimalkan pencahayaan di ruang tamu adalah menghadirkan lampu.

Ada berbagai macam model lampu gantung untuk ruang tamu yang bisa menjadi kreasi dan pelengkap dekorasi ruang tamu Anda. Dalam pemilihannya, yang paling penting Anda perhatikan adalah bagaimana modelnya dan menyatu atau tidaknya dengan konsep ruang tamu Anda secara keseluruhan.

Model lampu gantung hias minimalis

Bentuk lampu minimalis ini secara umum cocok untuk diletakkan pada tempat yang tidak terlalu perlu penerapan secara maksimal. Hal tersebut karena cahaya yang dihasilkan remang-remang dan berwarna kuning keemasan.

Model lampu ini sangat unik karena terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan bentuk yang benar-benar cantik.

Ide Model Lampu Gantung untuk Ruang Tamu

Aksen maksimal dengan gelantungan lampu hias di ruang tamu

Secara umum masing-masing ruang tamu membutuhkan sebanyak 3 jenis penerangan dari lampu hias ruang tamu dimana masing-masing penerangan terdiri atas:

  • Ambient: lampu ini merupakan lampu untuk iluminasi atau pijar total
  • Task: jenis lampu sorot yang biasanya digunakan untuk menjadikan ruang tertentu focal pointnya
  • Accent: lampu highlight yang digunakan untuk objek spesifik tertentu

Jika memang Anda sudah tahu fungsi dan juga peranan dari masing-masing lampu hias ruang tamu yang ada, Anda tinggal menyesuaikan saja dengan porsinya. Semuanya tergantung dari tatanan atau pilihan lampu hias ruang tamu yang Anda pilih.

Akan tetapi baiknya Anda usahakan semuanya mengacu pada tiga prinsip utama yang terdiri atas komponen yang sudah disebutkan sebelumnya. Anda akan mendapatkan ruang tamu yang terang dan cantik maksimal.

Model lampu hias ruang tamu 2 in 1

Model lampu hias ruang tamu 2 in 1

Ketika kita harus berurusan dengan lampu hias ruang tamu khusus untuk penerangan dengan tipe ambient, tips terbaik yang diperlukan adalah Anda harus memanfaatkan 2 jenis lampu hias ruang tamu yang masing-masing berbeda.

Inspirasi kesan elegan dari model lampu gantung yang digunakan harus menggabungkan lampu di langit-langit untuk penerangan yang utama. Namun juga harus didukung dengan terdapatnya lampu hias ruang tamu yang berupa lampu gantung indah tepat di bagian tengah dari ruang duduknya.

Model lampu gantung hias minimalis

Model lampu hias multifungsi

Suatu ruang tamu yang besar seringkali akan membutuhkan lampu hias yang banyak. Pada beberapa kasus, konsep lampu standar sebenarnya dapat menjadi solusi yang terbaik.

Akan tetapi jika Anda ingin mendapatkan pijar ruangan yang lebih indah, ada baiknya untuk Anda berusaha pertimbangkan dengan memanfaatkan lampu-lampu gantung di sekeliling ruangan serapi mungkin. Anda bisa memilih lampu hias ruang tamu yang memiliki siluet simple dan juga tegas.

Penambahan bingkai atau rangkanya sendiri semakin menjadikan ruangan terstruktur dengan jauh lebih rapi. Model lampu semacam itu akan menjadi inspirasi keren dan terbaik Anda.

Model lampu hias ruang tamu unik dengan lengkungan indah

Model lampu hias ruang tamu unik dengan lengkungan

Jika Anda tidak suka bermain aksen lampu hias ruang tamu dari balik plafon, Anda bisa menciptakan suasana penerangan sentral yang indah dengan lampu hias ruang tamu bergaya lengkung ini. Desain lampu hias dengan gaya lengkung sendiri biasanya cukup aman digunakan dan memberikan kesan simple namun sangat artistik.

Lampu hias ruang tamu yang hadir bersama lengkungan indah biasanya memiliki gaya modern yang cocok digunakan untuk ruang tamu Anda. Ruang tamu dengan gaya kontemporer juga hadir dengan model lampu hias yang satu ini.

Model lampu hias etnik dengan konsep lampu wayang

Jika Anda berniat menghias rumah Anda dengan menghadirkan lampu dengan karakter yang terkenal dari Jawa dan Bali, maka model lampu hias etnik wayang dapat menjadi inspirasi Anda. Rumah dengan nuansa kekayaan budaya Indonesia dapat menjadi inspirasi Anda.

Terdapat berbagai macam karakter wayang yang dapat Anda pilih dan sebagai contoh adalah karakter wayang golek atau karakter wayang-wayang pertunjukan yang memberikan kesan sangat budaya dan etnik. Serasikan dengan kombinasi keseluruhan ruang bernuansa etnik di rumah Anda.

Model lampu hias dari bambu

Model lampu hias dari bambu

Model lampu hias dari bambu ini dapat menjadi inspirasi ruangan bernuansa alam yang sejuk dan sederhana. Jenis lampu ini sebenarnya banyak dijual di toko-toko. Namun jika Anda berhasrat untuk berkreasi sendiri, Anda bisa membuat sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lampu gantung ini adalah bambu dan juga bola lampu. Anda dapat memotong bambu sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan. Kemudian masukkan lampunya dan jadikan lampu hias dari bambu semakin unik dan menarik.

Itulah berbagai ide model lampu gantung untuk ruang tamu yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Jadikan sebagai inspirasi kreatif Anda!

Leave a Reply