Ide Model Taman Depan Rumah yang Cocok Untuk Iklim Tropis Indonesia

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempercantik rumah adalah dengan menghadirkan taman. Jika area depan rumah yang Anda inginkan untuk dibangun sebuah taman memiliki ukuran yang kecil dan tidak terlalu luas, maka Anda harus bijak menyiasatinya.

Cari model taman depan rumah yang memang sesuai dengan ukuran bangunan Anda. Jika perlu, cari model yang memang memberikan kesan nyaman dan tidak terlalu berlebihan pada rumah Anda. Model-model taman depan rumah dengan konsep taman tropis akan menjadi suatu model yang direkomendasikan untuk Anda.

Sebagai inspirasi model taman depan rumah yang cocok untuk iklim tropis Indonesia, berikut referensi selengkapnya untuk Anda.

Menyulap teras menjadi taman depan rumah

Menyulap teras menjadi taman depan rumah

Bagian teras rumah yang memiliki atap pun bisa kemudian disulap menjadi suatu taman di area depan rumah. Cara membangun taman yang tidak diterapkan di ruang terbuka ini cukup mudah. Caranya yaitu dengan meletakkan pot-pot bunga di bagian lantai teras.

Jadi untuk menerapkan konsep ini Anda tak perlu membongkar rumah Anda. Membongkar teras pun tidak diperlukan karena Anda bisa menggunakan dan mengandalkan pot-pot di bagian lantai teras Anda.

Kemudian supaya penampilan teras semakin cantik, Anda bisa memilih bunga dengan kelopak dasar dan warna yang senada bersama eksterior rumah. Kesan yang sangat serasi pun akan tampil kemudian dengan konsep teras yang semacam ini.

Menyulap pot gantung sebagai taman depan rumah

Menyulap pot gantung sebagai taman depan rumah

Jika Anda tidak memiliki lahan untuk meletakkan pot tanaman kesayangan Anda, gantungkan saja pot tersebut di area depan rumah sehingga tercipta taman depan rumah yang sederhana namun indah.

Anda bisa memilih pot dengan ukuran kecil dan memiliki rantai besi yang dijadikan sebagai penggantung agar pot-pot tersebut tidak mudah jatuh dan tidak sampai melukai penghuni rumah.

Jika Anda memiliki anak kecil yang sudah aktif bermain di area luar ruangan, Anda harus pastikan pot-pot tersebut digantung jauh dari jangkauan mereka. Anda bisa menggantung di atas yang sulit dijangkau agar anak-anak tidak bisa menyentuh apalagi memainkannya.

Baca juga: Inspirasi Desain Taman Gantung di Rumah

Dinding air terjun dengan tanaman hijau

Dinding air terjun dengan tanaman hijau

Jika Anda memiliki area dinding yang cukup luas di depan rumah, Anda bisa buat tema air terjun bertingkat. Anda dapat menanam beberapa jenis tanaman hijau di sekitar sehingga taman depan rumah Anda terasa seperti memiliki suatu air terjun di alam bebas.

Ciptakan taman depan rumah di area pintu masuk

 

Ciptakan taman depan rumah di area pintu masuk

Jika Anda tidak memiliki lahan lebih untuk taman depan rumah, area pintu masuk bisa menjadi sebagai taman, Anda bisa menerapkan konsep ini. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu meletakkan sejumlah tanaman didalam sebuah pot kecil yang bentuknya beragam.

Susun serapi mungkin di sekitar area pintu masuk agar tidak menjadi penghalang jalan masuk bagi para penghuni rumah. Jangan lupa juga untuk Anda kemudian memangkas tanaman yang sudah lebat agar tidak menjadi pengganggu pemandangan.

Tanaman depan rumah ala Jepang

Tanaman depan rumah ala Jepang

Jika bicara tanaman depan rumah yang dikonsep ala-ala luar negeri, maka budaya Jepang sangat cocok untuk diterapkan. Taman depan rumah ala Jepang bisa menjadi konsep yang bisa Anda ciptakan. Taman ala Jepang sendiri sangat identik dengan pohon, rumput, semak-semak, bebatuan dan juga pepohonan.

Gaya dari tanaman yang ditanam pada taman juga dapat diterapkan pada taman dengan berbagai elemen yang sangat sederhana untuk dihadirkan. Suasana yang tercipta dari taman juga sangat damai, asri dan menyenangkan. Konsep taman kering pada rumah pun bisa menjadi elemen yang diciptakan.

Anda bisa menambahkan dekorasi di taman ala Jepang dengan menghadirkan batu-batuan, beberapa elemen kayu, tanaman kaktus atau tanaman yang lain. Berikan unsur air dan tanaman bunga di dekat air yang Anda ciptakan maka konsep khas Jepang akan semakin berkesan.

Tanaman depan rumah sebagai penghias pembatas/pagar

Tanaman depan rumah sebagai penghias pembatas:pagar

Dalam rangka menciptakan suasana yang asri nyatanya tidak dibutuhkan terlalu banyak tanaman. Anda bisa menempatkan beberapa tanaman hijau di area pembatas. Tanaman-tanaman semacam itu bisa menjadi suatu pagar alami yang sederhana akan tetapi tetap menambah nilai estetika bagi taman depan rumah Anda.

Baca juga: Jenis Dekorasi Tanaman Hias Rambat

Kesan taman depan rumah Anda juga akan sangat mengesankan dan menawan dengan menghadirkan taman-taman tersebut. Anda bisa memilih salah satu kreasi taman tersebut untuk menjadi bagian taman terbaik Anda di rumah.

Itulah berbagai ide kreasi model taman depan rumah yang cocok untuk iklim tropis di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply