Kopi Luwak Indonesia, Mahal Tapi Banyak Peminat

Bagi yang mengaku pecinta kopi tentu sudah tidak asing dengan kopi luwak bukan? Kelezatan dari kopi luwak yang berasal dari Indonesia ini memang cukup tersohor. Bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga bagi masyarakat dunia. Bahkan tidak jarang, orang yang datang ke Indonesia sengaja untuk mencari kopi luwak khas Indonesia ini.

Mengkonsumsi kopi memang menjadi salah satu kebiasaan sebagian masyarakat. Baik itu di perkampungan maupun di perkotaan. Terlebih lagi ketika sedang berkumpul dengan teman atau keluarga, ngopi memang sudah menjadi hal biasa. Ada banyak jenis kopi yang bisa anda nikmati, salah satunya adalah kopi luwak Indonesia.

Mengenal Kopi Luwak Indonesia

Tentu sudah banyak yang tahu apabila kopi luwak menjadi salah satu kopi yang paling mahal di dunia bukan? Hal ini tidak lain karena kopi ini memang mempunyai cita rasa yang cukup tinggi karena melalui proses fermentasi. Proses fermentasi dari kopi ini sendiri memanfaatkan hewan luwak yang menyimpan biji kopi tersebut didalam lambungnya.

Ada beberapa alasan mengapa kopi luwak Indonesia ini dihargai sangat mahal. Seperti dikarenakan proses produksinya yang memakan waktu lama, jumlah panennya yang cukup terbatas hingga rasanya yang tidak terlalu pekat. Kopi luwak ini sendiri ternyata sudah ditemukan pada masa kolonial Belanda. Dimana pada saat itu masyarakat lokal menemukan kotoran luwak dengan biji kopi yang masih utuh.

Buah kopi luwak yang siap dipanen sendiri ternyata juga tidak boleh sembarangan. Buah yang sudah siap untuk dipanen sendiri hadir dengan warna merah. Sebelum diolah, feses yang keluar dari luwak tersebut akan dibersihkan terlebih dahulu. Prosesnya bisa 5-7 kali. Kemudian baru di panggang/roasting untuk menjaga kualitas dari kopi.

Manfaat Kopi Luwak

Selain nikmat untuk diseduh, kopi luwak juga mempunyai banyak manfaat.

1. Untuk melindungi kulit

Manfaat pertama yang dihadirkan oleh kopi ini adalah kemampuannya untuk melindungi kulit tubuh anda. Hal ini tidak lain karena kopi luwak mempunyai kandungan berupa Vitamin E yang bisa menjaga kulit anda. Dengan vitamin E yang cukup, anda bisa terhindar dari adanya kanker kulit.

Baca juga: Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan Wajah

2. Memberikan proteksi terhadap mulut dan gigi

Siapa sangka apabila kopi luwak juga memiliki kemampuan untuk melindungi mulut dan gigi. Hal ini tidak lain karena kopi luwak tersebut mempunyai kandungan berupa anti bakter dan anti lengket.

3. Mencegah penyakit syarat dan Parkinson

Penyakit syaraf dan Parkinson tidak boleh anda remehkan begitu saja. Salah satu cara yang bisa anda lakukan agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi kopi luwak dari Indonesia karena kandungan kafein ternyata bisa meminimalisir adanya risiko terkena penyakit tersebut.

Kopi luwak Indonesia merupakan salah satu kopi paling mahal yang ada di dunia. Hal ini bukan tanpa alasan karena prose pembuatan kopi ini yang tidak mudah.

Leave a Reply